Revolusi Industri 4.0, Ancaman atau Peluang bagi Hotelier?

Revolusi Industri 4.0, Ancaman atau Peluang bagi Hotelier?

Editor AJAR.id

Revolusi Industri 4.0, Ancaman atau Peluang bagi Hotelier?

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah sebelumnya AJAR.id menjelaskan tentang Disruptive Innovation di Bidang Pariwisata dan Perhotelan, di artikel ini AJAR.id akan mengulas tentang dampak Revolusi Industri 4.0 bagi hotelier.

Revolusi industri 4.0 diperkenalkan pertama kali oleh Klaus Schwab, Ekonom asal Jerman. Di dalam bukunya, The Fourth Industrial Revolution, Klaus Schwab mengemukakan bahwa teknologi dan internet secara fundamental mengubah cara hidup dan kerja manusia. Sehingga hal ini bisa menjadi ancaman dan peluang.

Berdasarkan pendapat para ahli di seluruh penjuru dunia, ada dua pendapat yang mereka kemukakan, yakni pendapat yang pesimis dan pendapat yang optimis:

  1. Pendapat Pesimis
    Revolusi industri 4.0 akan mengakibatkan banyak pengangguran, karena pekerjaan-pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara manual digantikan oleh teknologi.
  2. Pendapat Optimis
    Menurut para ahli yang optimis, Revolusi Industri 4.0 memang akan menambah jumlah pengangguran, namun tidak terlalu banyak karena akan muncul lapangan-lapangan pekerjaan baru yang menggunakan teknologi seperti industri-industri kreatif di bidang teknologi.

Lalu apa dampak Revolusi Industri 4.0 bagi hotelier?

Jika merujuk pada pandangan para ahli di atas, hal ini bisa menjadi sebuah ancaman atau peluang bagi hotelier:

  • Ancaman
    Jika hotelier tidak mau meng-upgrade dirinya untuk belajar sesuatu yang baru, hal ini tentu akan menjadi ancaman, karena teknologi di hotel akan selalu berkembang sehingga membutuhkan kecakapan para staf untuk mengoperasikannya. Jika staf tidak mampu mengoperasikannya tentu hotel akan mengganti staf tersebut dengan staf yang bisa mengoperasikan teknologi yang diaplikasikan di hotel.
  • Peluang
    Dengan terbukanya segala informasi dan kemudahan teknologi, Kamu bisa berkarier setinggi apapun di seluruh penjuru dunia. Namun, Kamu harus terlebih dahulu menguasai kompetensi yang sesuai yang dibutuhkan hotel. Selain itu, secanggih apapun teknologi pasti berbeda dengan authentic service. Oleh karena itu, Kamu harus selalu memberikan excellent service.

Sahabat Ajarian, pada dasarnya Revolusi Industri 4.0 bisa menjadi peluang maupun ancaman tergantung pada dirimu sendiri. Jadi, jika Kamu ingin menjadi hotelier jempolan, maka jangan pernah berhenti untuk belajar.

Baca juga: Jenis Pelayanan Mana yang Diterapkan Hotelmu? Pelayanan Authentic VS Robot

Salam Jempol!

By Andra

Recommended Posts

AJAR in The News