Saat Tamu Bertanya, Ini yang Harus Dilakukan Resepsionis

Saat Tamu Bertanya, Ini yang Harus Dilakukan Resepsionis

Editor AJAR.id

Saat Tamu Bertanya, Ini yang Harus Dilakukan Resepsionis

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Sebagai seorang resepsionis, Kamu harus selalu siap melayani permintaan tamu termasuk menjawab segala pertanyaan yang mereka ajukan. Karena meja resepsionis adalah titik pusat interaksi pada hotel, Kamu wajib memiliki pengetahuan seputar fasilitas dan layanan yang ada hotel.

Resepsionis pantang mengatakan ‘tidak tahu’ saat ada tamu yang bertanya. Saat Kamu tidak bisa menjawab, mintalah tamu untuk menunggu sementara Kamu memastikan jawabannya. Tapi jangan sampai tamu kamu biarkan menunggu terlalu lama lho, Ajarian.

Biasanya Kamu perlu menghubungi departemen-departemen lain nih Ajarian, agar bisa menjawab pertanyaan sang tamu. Departemen apa saja sih yang berhubungan langsung dengan resepsionis?

  • Concierge – resepsionis akan menghubungi Concierge saat ada keperluan memesankan paket tur, menyewa mobil, mengirimkan surat dan segala pemesanan untuk fasilitas di luar hotel.
  • Housekeeping – departemen ini akan kamu hubungi untuk meminta fasilitas tambahan dalam kamar (selimut, bantal, handuk, extra bed), untuk membuka kunci pintu penghubung dalam kamar atau ketika meminta pelayanan ekstra.
  • Room service – resepsionis perlu menyampaikan setiap pesanan makanan dan minuman yang harus diantar ke kamar tamu.
  • Maintenance – saat tamu melaporkan kerusakan dalam kamar (contoh: lampu bohlam mati, AC tidak berfungsi) maka kamu harus menghubungi petugas
  • Restoran, bar, dan outlet lain – tamu mungkin akan datang ke resepsionis untuk meminta dipesankan meja di restoran atau bar, sehingga resepsionis perlu menyampaikannya ke pihak terkait. Selain itu, sampaikan juga ke petugas restoran saat ada laporan tamu yang memiliki alergi tertentu atau permintaan makanan khusus (contoh vegetarian, makanan halal, dsb).

Setelah memastikan hal yang diminta atau ditanyakan oleh tamu sudah terpenuhi, tanyakan apakah ada hal lain lagi yang bisa kamu bantu. Kemudian, akhiri percakapan dengan sapaan ramah.

Sebagai pekerja di bidang jasa, Ajarian wajib memberikan pelayanan yang prima. Tanggapi setiap pertanyaan tamu dengan sigap, berikan perhatian penuh dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyimak. Ingatlah bahwa dalam industri perhotelan, adanya tamu adalah alasanmu untuk bekerja. Jadi, keberadaan mereka bukan justru menjadi pengganggu pekerjaanmu, Ajarian.

Baca juga: Memproses Tagihan Pembayaran untuk Tamu

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Recommended Posts

AJAR in The News