Sebelum Membuat Floor Plan, Cek Dulu 5 Hal Ini!

Sebelum Membuat Floor Plan, Cek Dulu 5 Hal Ini!

Editor AJAR.id

Sebelum Membuat Floor Plan, Cek Dulu 5 Hal Ini!

AJAR.id – Hello Ajarian! Floor plan adalah denah yang memaparkan posisi meja di area makan atau restoran. Floor plan dibuat oleh restoran/hotel untuk memperkirakan layout ruang agar bisa mengakomodasi para customer.

Floor plan bisa berganti-ganti sebagai variasi atau untuk menyesuaikan sebuah event yang berlangsung. Di dalam floor plan, diatur beberapa hal seperti letak posisi meja, nomor meja, serta alokasi waiter per meja.

Nah, sebelum Kamu membuat floor plan, cek dulu 5 hal ini!

  1. Reservasi
    Data reservasi perlu dicek untuk mengetahui informasi jumlah tamu, waktu kedatangan, special request, dll. Informasi tersebut akan menjadi pertimbangan dalam menata setiap meja dan mengatur layout ruangan.
  2. Bentuk dan desain ruangan
    Seperti apa bentuk dan desain ruangan yang akan diatur tentu mempengaruhi pembuatan floor plan. Struktur ruang yang harus diperhatikan seperti:
  • Lantai berjenjang – menata meja di dining area yang memiliki lantai berjenjang lebih sulit daripada lantai yang seluruhnya datar.
  • Letak jendela – pertimbangkan juga apakah tamu akan terganggu bila terkena sinar matahari langsung.
  • Jumlah dan ukuran entertainment area di ruangan.
  • Ruang/space yang tersedia untuk mobilitas para customer dan staf. Perlu ruang yang cukup untuk memudahkan akses customer ke toilet dan ke meja, serta akses staf untuk berjalan melayani customer. Bila restoran menggunakan gueridon trolley, berarti space yang tersedia harus lebih luas agar trolley bisa digerakkan dengan leluasa.
  • Letak dan jumlah booth makanan yang ada di ruangan.
  1. Objek yang tidak bergerak
    Dalam sebuah ruangan, umumnya terdapat berbagai objek yang tidak bisa dipindahkan. Objek tersebut misalnya tangga, pilar bangunan, waiter stationdisplay case, dll. Oleh karena itu, perlu perhitungan yang tepat untuk menata meja di sekitar objek-objek tersebut untuk memaksimalkan space yang tersedia.
  2. Furniture style
    Furnitur memiliki beragam bentuk, sehingga mempengaruhi pembuatan floor plan. Faktor-faktor berkaitan dengan furnitur yang harus dipertimbangkan yaitu:
  • Bentuk meja – round, square, half-moon, quarter-circle.
  • Ukuran meja – untuk dua orang, empat orang, enam orang, dst.
  • Tipe kursi yang digunakan.
  1. Exits and doors
    Pintu-pintu yang ada di ruangan, seperti service doorrestroom doorfire exit dan main entrance perlu diperhatikan letak dan arahnya (apakah terbuka ke dalam atau ke luar) agar meja-meja bisa diatur dengan rapi.

Selain itu, standar yang umumnya diberlakukan adalah tidak memosisikan meja di dekat pintu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan tamu agar tidak terganggu dengan orang yang berlalu-lalang melewati pintu.

Itulah lima hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum membuat floor plan restoran. Faktor lainnya bisa seperti memberikan jarak yang cukup antar meja untuk privasi customer, serta jarak yang cukup agar customer bisa duduk dan berdiri di kursi mereka tanpa mengganggu customer di sebelahnya.

Pastikan juga untuk tidak memosisikan meja di area yang kurang nyaman, contohnya terlalu dekat dengan speakerair conditioner, dan waiter station. Selalu utamakan kenyamanan customer ketika Kamu menyusun floor plan ya Ajarian!

Baca juga: Tips Menyiapkan Buffet Centerpiece

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News