Sebelum Menggunakan Pressure Washer, Baca Dulu Yuk Persiapannya!

Sebelum Menggunakan Pressure Washer, Baca Dulu Yuk Persiapannya!

Editor AJAR.id

Sebelum Menggunakan Pressure Washer, Baca Dulu Yuk Persiapannya!

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Apakah Kamu sudah tahu tentang mesin pressure washer? Atau justru sudah pernah menggunakannya? Mesin pressure washer berfungsi seperti alat pel, namun dengan tenaga lebih tinggi dan daya bersih yang mendalam.

Teknik pressure washing menjadi cara membersihkan yang populer karena penggunaannya yang membuat pekerjaan Housekeeping lebih cepat dan efektif. Teknik membersihkan ini banyak ditemukan di hotel, mall, gedung perkantoran, atau bangunan lain yang kurang efektif jika dibersihkan dengan alat pel tradisional.

Ada banyak sekali merek pressure washer di pasaran. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun umumnya tiap mesin dilengkapi dengan nozzle. Nozzle adalah bagian kepala yang berfungsi membersihkan lantai. Fungsi nozzle ada dua yaitu:

  • Untuk menurunkan tekanan dan menyeret deterjen
  • Untuk memberi daya cuci bertekanan tinggi

Untuk cairan pembersih yang digunakan, kembali lagi pada kebutuhan dan preferensi masing-masing hotel. Ada beragam merek pembersih, namun kegunaannya tetap sama, yakni:

  • Filmremovers
    Filmremovers ini digunakan untuk menghilangkan kotoran dengan tekanan rendah. Biasanya dipakai untuk membersihkan mobil dan jalan
  • Degreasers
    Degreasers biasanya digunakan untuk menghilangkan noda berat, umum dipakai pada area hotel.

Karena pressure washer memanfaatkan tekanan air dalam membersihkan, maka yang harus Kamu perhatikan adalah mengatur tekanan mesinnya. Sesuaikan tekanan mesin dengan objek yang Kamu bersihkan.

Untuk membersihkan jendela, pot bunga, atau tanaman, jangan hadapkan langsung dengan mesin ya, karena bisa merusak benda-benda tersebut.

Bila membersihkan jendela, periksa adanya lubang atau celah yang bisa membuat air merembes masuk. Jangan sampai ketika Kamu menyemprot jendela bagian luar, air masuk lewat lubang hingga membasahi bagian dalam bangunan.

Sementara untuk membersihkan pintu, pasanglah pembatas atau papan peringatan untuk tidak menggunakan pintu saat sedang dibersihkan. Sebagai tambahan, Kamu bisa memasang penutup pada celah di bawah pintu untuk mencegah air masuk.

Untuk cara menggunakan pressure washer lebih lanjut, akan diulas pada artikel Cara Menggunakan Pressure Washer untuk Membersihkan Area Hotel.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News