Serba-Serbi Kacang untuk Memasak – Cara Penyimpanan, Pengolahan, dan Pemilihan

Serba-Serbi Kacang untuk Memasak – Cara Penyimpanan, Pengolahan, dan Pemilihan

Editor AJAR.id

Serba-Serbi Kacang untuk Memasak – Cara Penyimpanan, Pengolahan, dan Pemilihan

AJAR.id – Hello Ajarian! Kacang adalah sumber protein, serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Meski kacang tinggi lemak, asam lemak dalam kacang (kecuali kelapa) sebagian besar tidak berupa lemak jenuh ganda. Jenis lemak ini dibutuhkan sebagai asupan gizi. Komposisi kacang-kacangan bervariasi, tetapi sebagian besar kacang mengandung lebih banyak lemak daripada yang lainnya.

Kacang adalah bahan yang paling serbaguna dalam memasak. Kacang dapat dibeli dalam berbagai bentuk termasuk: segar, dalam kernelnya, asin atau tawar, pre-packaged, utuh, direbus, dipanggang, dicacah, dihancurkan, disayat, digiling, ditempelkan atau diolesi minyak.

Ada beberapa varietas kacang yang biasa digunakan:

  1. Almond – tersedia dalam bentuk belum dikupas dan sudah dikupas kulitnya
  2. Chestnut – harus dimasak dahulu. Chestnut tersedia dalam bentuk utuh, beku, glace dan puree.
  3. Coconut – tersedia dalam banyak variasi: kering, parut dan serpihan. Umumnya digunakan untuk pembuatan
  4. Hazelnut – tersedia dalam bentuk belum dikupas dan sudah dikupas kulitnya, serta ada dalam bentuk dicacah dan digiling.
  5. Macadamia – umumnya bisa dibeli dalam bentuk utuh atau dicacah dengan tanpa kulit
  6. Pecan – tersedia dalam bentuk utuh dengan kulit atau tercacah.
  7. Peanut – tersedia dalam bentuk utuh dan dihancurkan. Biasa dijual dalam kondisi sudah dipanggang dan diberi garam.
  8. Pistachio – biasa dijual dalam bentuk tanpa dikupas dan dicincang. Pistachio yang diblansir (blanched) berwarna hijau cerah.
  9. Walnut – tersedia utuh, setengah, cacah, dan tumbuk.

Kacang juga banyak tersedia dalam bentuk pasta, seperti almond, hazelnut and pistachio. Pasta kacang tersebut digunakan di pastry kitchen untuk pembuatan ice cream, mousse, cream dessert, petit fours dan cake. Meski harganya relatif mahal, pasta kacang memiliki rasa yang sangat intens dan hanya dibutuhkan sedikit saja untuk bisa memberi rasa yang diinginkan pada makanan.

Bagaimana cara menyimpan kacang dengan benar?

Kebanyakan kacang yang dikupas mendapat manfaat besar jika disimpan dalam wadah kedap udara yang sangat bersih. Wadah ini paling baik terbuat dari plastik tidak berpori.

Karena kandungan lemak yang tinggi dalam kacang, mereka rentan terhadap pembusukan cepat; karenanya dengan menyimpan di cool room, atau untuk penyimpanan jangka panjang di dalam freezer, Kamu akan memperlambat pembusukan dan bau tengik.

Sebagian besar kacang memiliki masa simpan hingga 3 bulan jika disimpan dalam kondisi optimal. Kualitas kacang-kacangan juga memburuk dengan cepat ketika disimpan dalam suhu dapur, paparan sinar UV dan oksigen.

Berhati-hatilah juga dengan serangga dan kutu kumbang dalam kacang, karena mengakibatkan penurunan kualitas yang cepat dan mereka umumnya muncul pada musim gugur (musim kawin serangga dan kutu).

Bagaimana cara memilih kacang berkualitas baik?

Semua kacang harus dalam kondisi segar dengan bau yang enak, memiliki rasa manis dan tekstur segar.

Tipe kacang walnut akan lebih lembut dari kacang almond. Warna walnut yang berkualitas baik adalah cokelat muda karamel. Walnut harus dalam bentuk yang baik dan bebas dari membran gelap, pahit, serangga dan kumbang. Kacang panggang memiliki tekstur lebih renyah dan rasa yang lebih enak. Hal ini karena lemak alami telah diaktifkan selama proses pemanggangan.

Bagaimana cara mengolah kacang untuk masakan?

Kacang sangat fleksibel dan cocok untuk banyak hidangan, misalnya es krim pistachio, jelly susu almond, kue hazelnut, dan cokelat tanpa tepung. Banyak kacang dapat digunakan untuk hiasan misalnya, serpihan almond panggang, kenari karamel panggang, nougatine, dan praline.

Kacang-kacangan juga bisa menjadi cita rasa dan bahan utama dari resep, misal: pie pecan, kue kacang, almond nougat. Memanggang juga meningkatkan rasa kacang yang agak basi. Selain meningkatkan rasa, memanggang juga menggelapkan warna dan menambah tekstur kacang.

Banyak orang yang alergi terhadap kacang, jadi pastikan pelanggan tahu apakah terdapat kacang dalam suatu produk atau tidak. Salah satu cara mudah dan menarik untuk memperingatkan pelanggan tentang keberadaan kacang adalah dengan menghias bagian atas barang dengan jenis kacang yang dikandungnya.

Baca juga: 6 Jenis Produk Susu yang Digunakan untuk Membuat Dessert

Salam Jempol

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News