Siapa Saja Stakeholder Eksternal Hotel dan Apa Perannya?

Siapa Saja Stakeholder Eksternal Hotel dan Apa Perannya?

Editor AJAR.id

Siapa Saja Stakeholder Eksternal Hotel dan Apa Perannya?

AJAR.id – Hello Ajarian! Stakeholder (pemangku kepentingan) hotel sangat penting bagi hotel, baik itu stakeholder internal maupun stakeholder eksternal. Pada artikel ini, kita akan mengenal pemangku kepentingan hotel dari segi eksternal atau yang berada di luar hotel.

Lalu siapa saja kah stakeholder eksternal hotel dan apa perannya bagi hotel?

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu agar kita mengenal siapa saja dan peran apa saja dari para pemangku kepentingan di luar hotel, karena ada pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang hehehe...

  1. Supplier
    Stakeholder pertama yang berasal dari eksternal hotel adalah supplierSupplier adalah partner kerja hotel yang siap memenuhi ketersediaan bahan baku. Oleh karena itu, keberhasilan operasional hotel juga sebagian tergantung pada kemampuan pemasok/supplier dalam mengantarkan bahan baku dengan tepat waktu.
    Di dalam memilih supplier diperlukan kriteria-kriteria khusus seperti kualitas bahan baku, ketepatan waktu mengantar, dan harga. Sedangkan cara hotel bertanggung jawab terhadap supplier adalah dengan memberikan pembayaran dan pelunasan secara tepat waktu.
  2. Tamu
    Suatu hotel tidak bisa beroperasi tanpa adanya tamu yang datang untuk menginap atau memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Tamu juga merupakan target dari hotel untuk menjual jasa dan fasilitas yang dimilikinya sehingga untuk menggaet tamu agar tertarik untuk menginap, hotel harus memberikan pelayanan yang terbaik serta harga yang bersahabat.
    Cara hotel bertanggung jawab terhadap tamu adalah dengan memberikan kualitas pelayanan atau service excellent sehingga tamu akan mendapatkan satisfied terhadap pelayanan hotel.
  3. Hotel pesaing
    Kesuksesan operasional unit hotel biasanya tergantung pada pengetahuan karyawan tentang pesaing dan peranan mereka dalam bisnis. Analisa persaingan merupakan sebuah usaha untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalahan strategis (strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
    Dengan keberadaan pesaing, karyawan maupun manajemen operator dituntut agar selalu meningkatkan kualitas pelayanan demi memperoleh tamu.
    Cara hotel bertanggung jawab terhadap pesaing adalah dengan bersaing secara sehat sehingga tidak menimbulkan perang harga yang dapat merusak hubungan baik antar hotel, karena pada dasarnya hotel-hotel dibangun untuk support aktivitas pariwisata daerah.
  4. Pemerintah
    Peran penting pemerintah bagi hotel adalah sebagai regulator terkait dengan PERDA dan juga sebagai pemungut pajak hotel dan restaurant yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga dari PAD tersebut pemerintah dapat mengalokasikannya untuk kepentingan publik.
    Cara hotel bertanggung jawab terhadap pemerintah adalah dengan menjadi hotel yang taat hukum dan taat pajak sehingga berkontribusi di dalam pembangunan daerah.
  5. Bank
    Peran bank adalah sebagai pihak yang menampung dana yang dikelola oleh unit hotel dengan jaminan keamanan terhadap dana tersebut. Selain itu, pihak bank juga menjadi pihak perantara keuangan antara unit hotel dengan tamu melalui produknya seperti chequedebit card, dan credit card sehingga mempermudah tamu untuk melakukan pembayaran. Pihak bank juga bisa berperan di dalam menambah pasokan dana operasional hotel melalui kredit bank.
  6. Masyarakat
    Peran masyarakat adalah sebagai pendukung keberadaan hotel dan bisa menjadi kandidat tenaga kerja yang bisa diakomodir oleh hotel. Apabila ada kejadian yang menimpa hotel, masyarakat di sekitar hotel akan selalu memberikan support pertama. Contohnya, apabila terjadi kebakaran di hotel, maka masyarakat akan bertindak untuk menyelamatkan dan memadamkan api bersama dengan karyawan hotel.
    Cara hotel bertanggung jawab terhadap masyarakat adalah dengan cara menjadi hotel yang peduli terhadap lingkungannya
  7. Media
    Peranan media atau pers bagi hotel adalah sebagai sarana publikasi dan promosi. Dengan adanya pers atau media, event atau kegiatan yang diselenggarakan oleh hotel dapat dipublikasikan sehingga calon tamu dapat mengetahui informasi event tersebut.
  8. Lembaga pendidikan/sekolah perhotelan
    Selain pihak-pihak yang sudah disebutkan di atas, lembaga pendidikan/sekolah hotel juga bisa menjadi stakeholder eksternal bagi hotel. Dengan adanya lembaga pendidikan/sekolah hotel, hal ini akan mempermudah proses rekrutmen dan seleksi bagi karyawan hotel. Untuk mendapatkan karyawan hotel yang berstatus alumni dari sebuah sekolah hotel, pihak hotel bisa bekerja sama dengan sekolah hotel tersebut dalam memenuhi kebutuhan formasi karyawan hotel tersebut.
  9. Lembaga sertifikasi perhotelan
    Satu yang terakhir dan yang tidak bisa dilupakan adalah peran dari lembaga sertifikasi perhotelan bagi hotel. Yap, lembaga sertifikasi perhotelan memberikan sertifikasi baik untuk karyawan maupun untuk aktivitas operasional hotel tersebut. Dengan adanya sertifikasi, tamu akan merasa yakin dengan kualitas jasa pelayanan yang diberikan oleh hotel.

Sahabat Ajarian, itulah beberapa stakeholder eksternal hotel. Dengan adanya stakeholder, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dalam menjalankan kegiatan operasional hotel. Baik buruknya kinerja hotel dapat mempengaruhi hubungan dengan stakeholder eksternal.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News