Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

Editor AJAR.id

Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

AJAR.id – Hello Ajarian! Jika makanan disimpan terlalu lama tentu kualitasnya akan memburuk. Sebagai food handler, sangat penting bagi Kamu untuk mengamati tanggal penggunaan dan mengikuti sistem stock rotation 'First In - First Out' (FIFO) yang merupakan standar industri makanan untuk rotasi stok.

Semua makanan – baik yang dipajang pada food display atau disimpan di coolroom, kitchen atau freezer – harus disimpan dan digunakan berdasarkan sistem First In-First Out. Dalam sebagian besar kasus, bahan makanan mulai menurun kualitasnya sesaat setelah diambil, diproduksi atau dikirim.

Sistem FIFO berarti makanan yang dikirim terlebih dahulu harus digunakan lebih dulu. Ikan yang dikirim pada hari Senin harus digunakan sebelum ikan yang dikirimkan pada hari Kamis, saus tomat yang dikirim pada bulan Februari harus digunakan sebelum saus tomat yang dikirimkan pada bulan Maret dan seterusnya.

Dalam praktik sistem First In-First Out, Kamu diharuskan untuk mengatur pengumpulan dan penyimpanan makanan. Ketika hendak menempatkan makanan yang dikirim dari supplier baik ke dry storage, coolroom, atau freezer, Kamu perlu untuk menempatkan kedatangan makanan terakhir di belakang dan memindahkan stok yang ada ke bagian depan.

Mengapa hal ini harus dilakukan?

  • Karena inilah definisi dari stock rotation itu sendiri – yaitu perputaran stok berdasarkan penggunaan dan pengiriman stok yang baru.
  • Dry goods atau bahan makanan kering harus selalu disimpan dan digunakan sesuai tanggal ‘use by’ atau ‘baik sebelum’/best before yang tertera pada paket.
  • Makanan segar (fresh food) biasanya tidak disertai dengan label tanggal use by atau best before, sehingga akan sangat membantu jika Kamu menandai fresh food tersebut dengan tanggal pengantarannya kemudian menyimpan dalam storage diurutkan sesuai tanggal tersebut. 
  • Untuk memastikan sistem First In - First Out selalu diterapkan, disarankan untuk menandai setiap pengiriman makanan dengan tanggal pengiriman. Hal ini harus dilakukan dengan tulisan besar dan warna gelap agar tanggal bisa terlihat jelas
  • Frozen food juga harus mengikuti sistem FIFO. Tandai setiap frozen food dengan tanggal pengantaran dan tanggal pembekuan item.

Makanan dalam refrigerator atau freezer harus digeser ke depan dan makanan yang baru masuk harus ditaruh di belakangnya. Pastikan makanan tersebut ditaruh dalam wadah terpisah ya!

Setiap produk wajib disimpan sesuai anjuran yang tertera di packaging-nya. Dengan memantau produk-produk makanan secara rutin, Kamu bisa memastikan shelf life (umur penyimpanan produk) dan menyortir produk yang sudah tidak layak.

Baca juga: Tips Memberi Label pada Makanan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News