Sistem Kerja Shift di Perhotelan

Sistem Kerja Shift di Perhotelan

AJAR Hospitality

Sistem Kerja Shift di Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Sistem kerja shift adalah suatu sistem pengaturan kerja yang memberi peluang untuk memanfaatkan keseluruhan waktu yang tersedia untuk mengoperasikan pekerjaan (Muchinsky, 1997). Salah satu unit bisnis yang menggunakan sistem kerja shift ini adalah perhotelan. Mengapa perhotelan? Karena aktivitas pelayanan yang diberikan untuk tamu adalah 24 jam pelayanan.

Departemen yang menggunakan sistem shift ini adalah departemen yang berkaitan dengan kegiatan operasional hotel seperti Housekeeping, Kitchen, F&B Service, Front Office (termasuk Security), dan Engineering. Dalam 24 jam pelayanan, karyawan di lima departemen tersebut dibagi menjadi tiga waktu shift. Tiga waktu shift tersebut adalah morning shift, middle shift/afternoon shift, dan night shift. Apa saja sih aktivitas ketiga shift tersebut? Jawabannya ada di bawah ini.

Aktivitas ketiga shift operasional hotel :

  • Morning Shift
    Morning shift atau shift pagi dimulai pukul 07:00 – 15:00 untuk departemen selain F&B, dan pukul 04:30- 13:00 untuk departemen F&B, terutama kitchen....
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News