Situasi yang Membuat Hotel Meng-Upgrade Kamar Tamu

Situasi yang Membuat Hotel Meng-Upgrade Kamar Tamu

Editor AJAR.id

Situasi yang Membuat Hotel Meng-Upgrade Kamar Tamu

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Tentunya Kamu tahu kan, kalo tipe kamar di hotel ada banyak jenisnya, seperti deluxe room, twin room, suite room, family room, dsb? Tetapi, di artikel kali ini bukan jenis kamarnya yang akan diulas oleh AJAR.id, namun tentang permintaan upgrade kamar untuk tamu.

Memangnya apa sih maksudnya upgrade kamar itu?

Upgrade kamar adalah proses menempatkan tamu ke kamar yang levelnya lebih tinggi (dari segi harga dan fasilitas) daripada tarif yang mereka bayarkan. Tindakan upgrade kamar yang dilakukan hotel bisa karena berbagai alasan. Namun sering kali faktanya adalah karena hotel tidak bisa mencapai pendapatan maksimal di hari itu.

Contohnya, upgrade kamar dilakukan untuk tamu yang menginap di deluxe room ke suite roomtwin room ke balcony room, dan lain-lain.

Memang situasi seperti apa sih yang akhirnya membuat hotel meng-upgrade kamar tamu?

  • Saat hotel sedang full-booked maka suite room akan diberikan pada tamu langganan (biasanya tamu dari perusahaan yang bekerja sama) tanpa tambahan biaya. Hal ini dilakukan untuk mengosongkan kamar regular agar bisa diisi tamu lain. Pemberian upgrade kamar juga sebagai niat baik pihak hotel dalam memelihara hubungan dengan tamu perusahaan.
  • Ada kalanya tamu mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan saat sedang menginap, maka hotel akan melakukan upgrade kamar tamu tersebut.

Selain dua situasi upgrade di atas, kategori upgrade kamar lainnya adalah saat ada kamar yang diberikan secara gratis pada tamu. Biasanya ini terjadi pada pemenang undian tertentu. Dianggap sebagai upgraded room karena tidak ada pendapatan yang dihasilkan dari kamar tersebut.

Tiap kamar yang didiskon juga dianggap sebagai upgrade. Karena berarti tamu mendapatkan kamar yang lebih baik daripada yang semestinya mereka bayarkan.

Nah Sahabat Ajarian, apakah Kamu pernah mendapatkan upgrade kamar saat sedang menginap? Pasti asyik banget ya kalau bisa merasakan kamar suites secara cuma-cuma! Tapi, kalau tamu yang tidak mendapat upgrade kamar namun turut ingin berganti kamar, bisa ngga ya?

Baca juga: Memproses Permintaan Tamu untuk Extend

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Recommended Posts

AJAR in The News