Standar Grooming untuk Staf Valet di Hotel

Standar Grooming untuk Staf Valet di Hotel

Editor AJAR.id

Standar Grooming untuk Staf Valet di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Menjadi staf valet, Kamu diharuskan untuk memelihara penampilan diri yang sesuai dengan standar hotel. Penampilan seorang staf valet dapat memberikan kesan yang membekas di benak tamu, sehingga penampilanmu patut selalu dijaga setiap waktu. Mulai dari awal shift hingga akhir shift, penampilan Kamu harus sama dan tetap menarik!

Standar grooming untuk staf valet meliputi cara berpakaian dan kebersihan diri.

Setiap hotel memiliki seragam khusus untuk para staf valet, dan staf pun harus mengenakannya sesuai aturan. Aturan tersebut berkaitan dengan hal-hal berikut:

  1. Jenis dan model sepatu yang harus dikenakan – misalnya sepatu pantofel kulit warna hitam.
  2. Pemakaian name tag – umumnya staf wajib untuk selalu mengenakan name tag selama jam kerja.
  3. Pemakaian seragam yang telah ditentukan – pastikan seragam selalu bersih dan ukurannya pas. Selain itu, seragam juga wajib disetrika, tidak memiliki kancing yang lepas dan jahitan yang kendur.
  4. Dasi – hanya gunakan warna dasi sesuai ketentuan dan buat simpul dasi dengan benar.

Selain cara berpakaian, grooming juga meliputi kebersihan dan kerapian diri. Apa saja yang perlu dilakukan dalam rangka menjaga kebersihan dan kerapian dirimu?

  • Mandi teratur dua kali sehari.
  • Menggunakan deodoran yang sesuai untuk mencegah bau keringat.
  • Menggunakan parfum aroma lembut yang tidak menyengat.
  • Make-up bagi staf wanita harus natural, tidak berlebihan dan mencolok.
  • Demi higienitas, selalu tutupi luka (bila ada) dengan plester. Selain itu, dilarang untuk bersin dan batuk di hadapan tamu dan makanan.
  • Untuk staf pria, janggut dan kumis harus dicukur rapi.
  • Rambut tidak boleh gondrong dan harus disisir rapi ke belakang.
  • Tangan dan kuku harus bersih terawat. Kuku tidak panjang dan tidak menggunakan pewarna yang mencolok.
  • Memerhatikan kebersihan gigi dengan cara menyikatnya secara teratur untuk menghindari bau tak sedap.

Nah, untuk memastikan lagi keseluruhan penampilanmu, cobalah untuk selalu becermin sebelum mulai beraktivitas. Jika penampilanmu sudah rapi dan menarik, maka Kamu siap untuk melayani tamu!

Baca juga: 5 Prinsip Berkomunikasi untuk Staf Valet

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News