Supervisor as Problem Solver, Cara Supervisor Menyelesaikan Masalah di Hotel

Supervisor as Problem Solver, Cara Supervisor Menyelesaikan Masalah di Hotel

Editor Ajar

Supervisor as Problem Solver, Cara Supervisor Menyelesaikan Masalah di Hotel

AJAR.id - Hello Ajarian! Setelah kita mempelajari beberapa artikel mengenai peran pentingnya supervisor dalam menunjang kesuksesan hotel, cara memimpin briefingperan penting supervisor sebagai trainer, dan cara memberikan evaluasi kepada tim kita, maka dalam artikel ini kita akan mengulas tentang peran penting seorang supervisor sebagai problem solver di departemenmu masing-masing.

Merujuk dari berbagai sumber, maka permasalahan yang umum dihadapi supervisor terdiri dari 4 hal, yaitu sebagai berikut:

Pertama adalah yang berhubungan dengan fraud/pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan

Sebagai Supervisor di restoran, tentunya Kamu mengetahui berbagai macam aturan yang ada di departemenmu, misalnya yang berhubungan dengan food safety, hygiene, atau aturan-aturan lain yang berhubungan dengan integritas profesi seperti kejujuran. Berikut ini adalah ilustrasi dari kasus yang mungkin Kamu pernah alami.

Di area dapur, Kamu melihat bahwa karyawanmu sedang pesta makan bersama teman-temannya ketika mereka baru saja selesai clear up buffet di restoran. Kamu mengetahui bahwa untuk alasan food safety, dalam aturan disebutkan bahwa karyawan dilarang makan makanan yang disajikan untuk tamu, karena makanan khusus karyawan sudah disediakan di kantin karyawan. Mengetahui pelanggaran tersebut, sebagai Supervisor di restoran yang langsung melihat kejadian tersebut, apa yang akan Kamu lakukan?

A. Saya biarkan karena tidak berdampak kepada food cost

B. Saya biarkan, karena saya juga pernah melakukannya bersama mereka

C. Saya beritahu dan jelaskan kembali aturan main yang seharusnya dilakukan karyawan

D. Saya sampaikan ke Manajer untuk ditindak.

Jika Kamu mengalami hal tersebut, yang mana jawaban Kamu? Apa konsekuensi bila Kamu menjawab A, B, C atau D?

Silakan refleksikan ke dalam diri Kamu sendiri tentang pilihan jawaban yang Kamu pilih. Intinya, setiap jawaban atau tindakan yang Kamu lakukan mengandung konsekuensi, baik positif maupun negatif. Sebagai Supervisor, Kamu harus mengambil tindakan untuk memperbaiki situasi.

Selain yang berhubungan dengan pelanggaran, Kamu juga harus mampu menyelesaikan masalah lainnya misalnya: Karyawan tiba-tiba sakit atau langganan sakit setiap hari Jumat, karyawan yang belum mampu mengerjakan pekerjaannya dengan baik, dan berbagai masalah lain di bidang sumber daya manusia.

Kamu sebagai Supervisor berperan penting dalam mencari solusi dan menindak lanjuti berbagai masalah yang Kamu hadapi tentang performa kerja dari timmu.

Kedua, Masalah yang berhubungan dengan Tamu Hotel

Pernahkah Kamu mendapatkan informasi dari staf bahwa mereka perlu bantuanmu karena ada keluhan dari tamu?

Nah, di sini Kamu berperan untuk membantu staf dalam menghadapi keluhan pelanggan dengan mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi. Selain itu, Kamu juga harus menindak lanjuti berbagai macam masalah lainnya, misalnya nilai pencapaian guest comments yang harus ditingkatkan dan hal-hal lain yang berhubungan untuk meningkatkan mutu pelayanan tamu hotel.

Ketiga, Menangani Masalah yang berhubungan dengan Produk atau Alat kerja

Sebagai Supervisor FBS (Food & Beverage Service), pernahkah Kamu mengalami kerusakan pada alat kerjamu ? Misalnya, mesin kopi tiba-tiba rusak saat tamu ramai di restoran.

Nah, di sinilah peranmu dalam berkoordinasi dengan Manajermu atau departemen lain sangat diperhitungkan dalam menangani situasi, sehingga stafmu merasa nyaman ketika bekerja, karena mereka memiliki alat yang cukup untuk bekerja dan merasa dibantu oleh atasannya.

Jadi, peran Supervisor dalam mendeteksi dan mencari solusi atas berbagai macam masalah yang ada sangat diperlukan untuk memastikan bahwa semua aturan dijalankan dengan baik, memastikan semua tamu puas atau membantu karyawan untuk dapat menggunakan peralatan kerja sebagaimana mestinya.

  • Supervisor yang melakukan pekerjaannya dengan baik adalah mereka yang berorientasi pada solusi dan menjadikan permasalahan sebagai peluang untuk mengasah keterampilan dalam memimpin.
  • Kamu juga hendaknya aktif dalam berkomunikasi dengan orang lain untuk bersama-sama menyelesaikan masalah yang muncul. Sehingga, Kamu dapat menjadi pemimpin yang tegas dan bijaksana yang dapat melalui rintangan yang Kamu hadapi dengan baik.

Baca juga Syarat Menjadi Supervisor yang Jempolan.

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News