Tahukah Kamu Jenis-Jenis Check-Out di Hotel dan Cara Memprosesnya?

Tahukah Kamu Jenis-Jenis Check-Out di Hotel dan Cara Memprosesnya?

Editor AJAR.id

Tahukah Kamu Jenis-Jenis Check-Out di Hotel dan Cara Memprosesnya?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pada artikel sebelumnya (Mengecek Data Tamu Saat Check-In) Kamu sudah dijelaskan tentang prosedur check-in. Nah, kali ini akan dibahas mengenai prosedur check-out.

Adapun yang dimaksud dengan check-out adalah ketika tamu menyerahkan kunci dan menyelesaikan pembayaran sesuai tagihan yang tertera pada lembar guest account. Setiap tamu hotel yang akan pulang wajib check-out dulu di front office atau resepsionis ya Ajarian.

Dalam hal ini, ada dua jenis cara memproses check-out yang umum ditemukan di hotel. Yuk simak lebih lanjut!

  1. Express Check-Out
    Proses express check-out merupakan check-out yang dilakukan lebih cepat daripada check-out pada umumnya, sehingga banyak dipilih tamu yang ingin mempersingkat waktu mereka saat check-out.

Proses check-out ini memiliki formulir tersendiri karena tamu ingin bisa check-out sesegera mungkin. Bahkan biasanya formulir telah disediakan dalam kamar agar tamu bisa melengkapi data mereka dan langsung diberikan ke resepsionis untuk diproses.

Penyerahan formulir bisa dilakukan pada hari kepulangan maupun sehari sebelumnya. Bila diberikan sehari sebelumnya, proses check-out dapat lebih cepat lagi karena total tagihan pengeluaran bisa disiapkan resepsionis dan tamu cukup membubuhkan tanda tangan saja saat check-out.

  1. Group Check-Out
    Sesuai namanya, proses check-out ini diperuntukkan pada tamu rombongan. Saat ada rombongan tamu yang akan check-out, pertama-tama periksalah jumlah tagihan mereka. Biasanya tamu rombongan memiliki nominal pengeluaran yang sama (akomodasi, sarapan, dan amenities lain sesuai persetujuan awal). Nah, ketika rombongan tersebut check-out, Kamu cukup meminta tanda tangan Tour Leader-nya saja.

Apabila ada biaya lain-lain atau pengeluaran pribadi maka pembayarannya dilakukan terpisah. Contoh pengeluaran yang sifatnya pribadi adalah seperti laundry atau mini bar.

Nantinya seluruh kunci kamar akan dikumpulkan oleh Tour Leader baru diserahkan ke resepsionis. Sementara itu, porter akan membantu membawakan barang-barang tamu ke bis. Hitung dulu jumlah tas/koper tamu apakah sudah sesuai sebelum diantar ke bis.

Saat situasinya sedang ada beberapa rombongan yang harus dilayani bersamaan, disarankan untuk menandai barang bawaan per rombongan dengan label. Hal ini sangat penting untuk menghindari barang milik tamu tercampur dengan rombongan lain.

Nah, Sahabat Ajarian, kini Kamu sudah memahami ya dua cara memproses check-out di hotel. Setelah Kamu melayani tamu yang check-out maka langkah selanjutnya adalah menghubungi housekeeping agar kamar bisa segera dibersihkan. Jangan lupa nih Ajarian, baca juga artikel Mengapa Harus Mengecek Departure List karena departure list ini diperlukan dalam menyiapkan proses check-out.

Baca juga: 5 Tahapan dalam Proses Check-Out Tamu di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Recommended Posts

AJAR in The News