Tata Cara Menyajikan Makanan pada Tamu

Tata Cara Menyajikan Makanan pada Tamu

Editor AJAR.id

Tata Cara Menyajikan Makanan pada Tamu

AJAR.id – Hello Ajarian! Menyajikan makanan dan minuman pada tamu adalah pekerjaan yang cukup vital. Kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu. Kualitas pelayanan akan menjadi bahan penilaian bagi para tamu. Ada dua hal yang harus Kamu perhatikan ketika menyajikan makanan dan minuman, yaitu:

  • Lakukan dengan cepat tanpa memberi kesan terburu-buru pada tamu
  • Lakukan secara profesional – pastikan Kamu menyajikan menu yang sesuai dengan pesanan. Bersikaplah sopan kepada tamu, berikan senyum dan jawab pertanyaan yang diajukan oleh tamu

Untuk menyajikan makanan dan minuman dibutuhkan perlakuan yang berbeda. Berikut ini adalah tata cara menyajikan makanan pada tamu dengan baik dan benar:

  1. Selalu sajikan makanan lewat sebelah kanan tamu. Beri tahu tamu jika Kamu hendak meletakkan makanan di meja.
  2. Pastikan untuk meletakkan makanan sesuai dengan tamu yang memesannya. Sebelum meletakkannya di meja, Kamu bisa bertanya, “Nasi goreng spesial bisa saya letakkan di mana?”. Setelah meletakkan hidangan tersebut, Kamu bisa mengatakan, “Selamat menikmati Nasi Goreng Spesial”.

Selain itu, Kamu juga harus mempelajari teknik membawa piring agar dapat membawa makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Teknik ini perlu dipelajari untuk menghindari kecelakaan kerja seperti piring jatuh ketika diantarkan kepada tamu.

Teknik untuk membawa piring terbagi menjadi dua, yaitu membawa dua piring atau tiga piring sekaligus.

  • Membawa dua piring sekaligus
  1. Pegang satu piring di antara jempol, jari telunjuk dan jari tengah
  2. Lalu letakkan piring yang kedua di atas piring yang pertama. Satukan jari tengah, jari manis dan kelingking untuk menahan piring kedua agar tidak jatuh
  3. Piring ketiga bisa Kamu letakkan di tangan kanan
  • Membawa tiga piring sekaligus
  1. Pegang satu piring di antara jempol, jari telunjuk dan jari tengah
  2. Letakkan piring kedua pada lipatan telapak tangan dan disangga oleh jari tengah, jari manis dan kelingking
  3. Lalu letakkan piring ketiga pada lenganmu
  4. Jika ada piring lagi, Kamu bisa membawanya dengan tangan kanan

Nah, itu tadi adalah tata cara untuk menyajikan makanan pada tamu dengan baik dan benar. Kamu harus ingat bahwa pelayanan yang didapatkan oleh tamu adalah pengalaman yang berharga, karena bisa saja para tamu akan menceritakannya pada orang lain. Maka dari itu, Kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik pada tamu.

Baca juga: Tips Menyiapkan Garnish dan Saus untuk Hidangan Buffet

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News