Tata Cara Menyajikan Minuman pada Tamu

Tata Cara Menyajikan Minuman pada Tamu

Editor AJAR.id

Tata Cara Menyajikan Minuman pada Tamu

AJAR.id – Hello Ajarian! Menyajikan makanan dan minuman pada tamu adalah pekerjaan yang cukup vital. Kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk tamu. Kualitas pelayanan akan menjadi bahan penilaian bagi para tamu. Ada dua hal yang harus Kamu perhatikan ketika menyajikan makanan dan minuman, yaitu:

  • Lakukan dengan cepat tanpa memberi kesan terburu-buru pada tamu
  • Lakukan secara profesional – pastikan Kamu menyajikan menu yang sesuai dengan pesanan. Bersikaplah sopan kepada tamu, berikan senyum dan jawab pertanyaan yang diajukan oleh tamu

Untuk menyajikan makanan dan minuman dibutuhkan perlakuan yang berbeda. Berikut ini adalah tata cara menyajikan minuman pada tamu dengan baik dan benar:

  1. Usahakan untuk meletakkan minuman dari sisi kanan tamu. Kamu bisa meletakkannya di sisi lain jika tamu sedang mengobrol.
  2. Letakkan tray di atas telapak tangan dan gunakan jari tangan untuk menyangga tray agar tidak mudah terjatuh.
  3. Gunakan tangan kiri membawa tray agar Kamu bisa menggunakan tangan kanan untuk mengambil gelas dari tray.
  4. Jika permukaan tray tidak anti slip, sebaiknya gunakan tray liner atau mat sebagai alas agar tray tidak licin dan menghindari risiko gelas jatuh dari tray.
  5. Staf harus memegang gelas dari bagian bawah dan jangan pernah memegang gelas dari bagian pinggir.
  6. Letakkan gelas yang berat pada bagian tengah tray sementara yang ringan diletakkan di pinggir. Biasanya, gelas terakhir yang ada di tray adalah minuman pertama yang akan dinikmati oleh tamu.
  7. Saat mengantarkan minuman dengan tray, pastikan posisi tray sejajar dengan pinggangmu.
  8. Dekatkan tray dengan tubuhmu untuk menghindari risiko minuman tumpah akibat tersenggol orang lain.
  9. Ketika mengambil minuman dari tray, Kamu bisa sedikit menjauhkan tray dari tubuhmu untuk mempermudah proses pengambilan minuman.
  10. Sebutkan satu persatu nama minuman yang akan kamu letakkan di meja. Misalnya, “Permisi, satu jus jeruk”. Hal ini dimaksudkan agar tamu bisa memastikan minuman yang disajikan sesuai dengan pesanan.
  11. Letakkan minuman di meja berlawanan dengan arah jarum jam. Hal ini bertujuan agar staf bisa menghemat waktu dan tidak melewati rute yang sama untuk dua kali.
  12. Jika perlu, beri alas atau tisu untuk alas minuman yang telah disajikan di meja.

Pastikan untuk menerapkan tata cara yang telah disampaikan tadi untuk menghindari kecelakaan kerja saat menyajikan minuman. Jangan lupa bahwa pelayanan yang Kamu berikan akan menjadi penilaian bagi para tamu. Semakin baik pelayanan yang Kamu berikan, maka semakin besar kemungkinan tamu untuk datang kembali.

Baca juga: Tips Menjaga Kesegaran dan Kualitas Hidangan Buffet

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News