Teknik Active Listening dan Reflective Listening dalam Berkomunikasi

Teknik Active Listening dan Reflective Listening dalam Berkomunikasi

AJAR Hospitality

Teknik Active Listening dan Reflective Listening dalam Berkomunikasi

AJAR.id – Hello Ajarian! Kemampuan mendengar (listening skill) acap kali dianggap sepele, padahal skill ini merupakan kunci dari keberhasilan komunikasi dua arah. Dengan listening skill yang baik, Kamu akan memperoleh apresiasi, ucapan terima kasih, dan rasa hormat dari orang lain, baik staf maupun customer. Adapun terdapat dua macam cara mendengarkan yaitu active listening dan reflective listening.

ACTIVE LISTENING

Active listening yaitu saat Kamu tidak perlu berbicara melainkan cukup mendengarkan saja. Body language-mu yang akan menjadi respons atas percakapan tersebut. Berikut adalah contoh penerapan active listening:

  • Menunjukkan kepekaan pada lawan bicara dan menunjukkan rasa hormat.
  • Menampilkan empati pada lawan bicara.
  • Memperhatikan bahasa verbal yang diisyaratkan.
  • Tidak menyela percakapan.
  • Mendorong sang lawan bicara untuk fokus pada topik pembicaraan, bukan pada hal-hal lain.
  • Tidak menghakimi penampilan speaker maupun hal yang mereka sampaikan.

REFLECTIVE LISTENING

Berbeda dengan active listening, di sini Kamu merespons percakapan dengan kata-kata. Reflective listening sangat...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News