Pendapatan-Pendapatan Hotel dan Manfaatnya!

Pendapatan-Pendapatan Hotel dan Manfaatnya!

AJAR Hospitality

Pendapatan-Pendapatan Hotel dan Manfaatnya!

AJAR.id – Hello Ajarian! Mungkin di antara kita ada yang sedang belajar tentang ilmu perhotelan dan ingin tahu dari mana saja sih hotel dapat meningkatkan pundi-pundi rupiah? apa saja sih manfaatnya untuk hotel itu sendiri, untukmu, dan untuk masyarakat luas?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita akan ulas sebenarnya apa saja dan dari mana saja sih pendapatan yang diterima oleh hotel.

  1. Pendapatan dari penjualan kamar
    Tinggi rendahnya tingkat hunian tamu (level occupancy) di hotel dapat mempengaruhi besar kecilnya pendapatan hotel. Untuk mengatasi rendahnya tingkat hunian kamar di hotel, manajemen hotel akan menggunakan berbagai macam jenis strategi marketing dan sales baik secara digital maupun secara offline dengan memaksimalkan fungsi eCommerceManager dan team sales.
    Tapi apa jadinya apabila tingkat hunian kamar di hotel masih rendah..?? dari mana hotel mendapatkan pemasukan?
    jawabannya ada di nomor-nomor berikut ini:
  2. Pendapatan dari penggunaan meeting room
    Di era sekarang, hotel-hotel sudah membuat meeting room sebagai pendapatan tambahannya. Pangsa pasar yang masih terbuka luas menjadi salah satu alasan hotel membuat meeting room. Setiap perusahaan bisnis maupun instansi pemerintahan pasti akan melakukan rapat atau pertemuan, apabila tempat rapat perusahaan atau instansi tersebut tidak layak digunakan, maka meeting room hotel lah yang menjadi jalan keluarnya. Ketika meeting, para tamu mengonsumsi makanan, minuman, dan sewa ruang. Nah, inilah sumber pendapatannya.
  3. Pendapatan dari banquet event
    Hotel-hotel pada saat ini sudah banyak yang bekerja sama dengan wedding organizer sebagai tempat penyelenggaraan pesta pernikahan. Berbagai cara dilakukan agar hotel mendapatkan pendapatan tambahan salah satunya adalah membuat harga paket pernikahan supaya dapat memenuhi pemasukan kas hotel. Tamu pun dimudahkan, karena hanya cukup membayar seharga paket yang ditawarkan, kemudian pihak hotel yang akan mengurusi semuanya. Hotel juga dapat membuat event-event yang lain seperti: konser pertunjukan musik, pameran, konser kebudayaan dan kearifan lokal dan event lainnya. Hasil pendapatannya bisa bersumber dari penjualan makanan, minuman, tiket, jual iklan untuk sponsor, dan sewa tempat.
  4. Pendapatan dari restaurant
    Restaurant merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi hotel. Di sinilah peran penting seorang yang bekerja di F&BRestaurant hotel yang mempunyai menu dengan cita rasa yang menggugah selera tentunya akan mendatangkan tamu untuk menikmatinya. F&BManager dan Chef biasanya sudah merancang rencana rotasi menu agar tamu merasakan variasi masakan.
  5. Pendapatan dari persewaan tenant business center
    Sebagian hotel sudah memiliki business center untuk memanjakan tamunya. Tenant-tenant di business center ini biasanya disewakan kepada perusahaan lain. Biasanya tenant yang berada di business center ini disewa oleh pihak bank untuk penambahan mesin ATM, selain pihak bank, biasanya ada agen tour yang membuka kantor pelayanan jasa ticketing. Nah, pendapatan yang berasal dari sewa itulah pendapatan tambahan bagi hotel.
  6. Pendapatan dari recreation area (SPA, Swimming Pool, Gym, Bar and Diskotik, dan tempat karaoke)
    Pendapatan yang berasal dari recreation area ini berasal dari tamu yang hanya sekedar menikmati fasilitas yang disediakan oleh hotel tanpa harus menginap. Manajemen hotel yang memiliki fasilitas rekreasi akan memasang tarif apabila digunakan untuk umum sehingga menambah pemasukan bagi hotel tersebut.

Jadi, jangan salah persepsi apabila kamar hotel sepi, hotel tersebut dinyatakan tidak laku, karena masih bisa menjual produk-produk dan jasa lainnya untuk mendapatkan pemasukan-pemasukan lain yang sudah dijabarkan di atas.

Dengan pemasukan-pemasukan selain dari penjualan kamar, maka manfaatnya adalah:

  • pihak hotel bisa jadi tidak selalu bergantung dengan suntikan dana yang berasal dari pemilik/owner dan akhirnya owner pun percaya terhadap tim yang ada.
  • Keuntungan lainnya, karyawan dapat menikmati peningkatan jumlah service charge yang dibagikan hotel selain gaji pokoknya.
  • Pemerintah juga diuntungkan atas kenaikan pembayaran pajak.
  • Masyarakat luas seperti supplier sayur mayur, petani, tukang becak, ojek, taksi akan kecipratan berkah dan manfaat atas tingginya jumlah orang yang bertransaksi dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Sahabat Ajarian, itulah pendapatan-pendapatan hotel dan manfaatnya. kunjungi terus AJAR.id ya untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan keahlianmu, jika 3 hal ini bertambah dan dapat diaplikasikan di hotel, tentunya akan meningkatkan pendapatan hotel. Sehingga hal ini bisa menyumbangkan banyak manfaat untuk bangsa.

Salam Jempol!

Recommended Posts

AJAR in The News