Tips dalam Menyelesaikan Masalah akibat Perbedaan Lintas Budaya

Tips dalam Menyelesaikan Masalah akibat Perbedaan Lintas Budaya

Editor AJAR.id

Tips dalam Menyelesaikan Masalah akibat Perbedaan Lintas Budaya

AJAR.id – Hello Ajarian! Saat menghadapi sebuah masalah di lingkungan kerja yang disebabkan oleh kesalahpahaman, Kamu perlu memikirkan berbagai faktor perbedaan budaya yang mungkin mempengaruhi masalah tersebut. Hal ini harus diterapkan baik dalam menghadapi masalah antar rekan kerja maupun dengan customer.

Perbedaan budaya kerap menjadi pemicu terjadinya masalah, sehingga sangat disarankan bagi Kamu untuk selalu berpikir objektif dan mencoba memahami setiap perbedaan yang ada demi menemukan solusi terbaik.

Dalam kondisi kesalahpahaman yang terjadi, bicarakan secara baik-baik dengan pihak yang terlibat. Pembicaraan harus menjunjung kejujuran, namun tidak bertele-tele, disampaikan dengan jelas, dan tidak bias.

Berikut tips dalam menyelesaikan masalah atau kesalahpahaman akibat perbedaan lintas budaya:

  1. Diskusikan masalah dengan sopan, agar menunjukkan keinginan yang tulus untuk menyelesaikan masalah yang terjadi
  2. Berbicara langsung dengan orang yang terlibat menggunakan bahasa yang sopan dan menghormati orang tersebut
  3. Sampaikan permintaan maaf atas kesalahpahaman yang terjadi hingga mungkin menimbulkan rasa sakit hati pada orang yang terlibat. Mintalah maaf meski Kamu merasa tidak sepenuhnya bersalah
  4. Luangkan waktu yang cukup untuk berbicara dan menggali informasi dari pihak yang terlibat. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar masalah dan mencari fakta-fakta yang berkaitan dengan situasi tersebut
  5. Mintalah saran dan masukan dari pihak lain yang bisa membantu mencari solusi dan tindakan preventif untuk mencegah hal yang sama terulang di kemudian hari
  6. Mintalah saran dari supervisor atau manajer yang sudah berpengalaman menghadapi situasi yang serupa
  7. Ikut serta dalam proses mediasi. Saat ada perselisihan antara staf, ini memberikan kesempatan bagi kedua pihak untuk menyuarakan pandangan mereka di depan orang ketiga yang netral. Pihak ketiga ini bertindak sebagai mediator dan mungkin memiliki keputusan akhir tentang tindakan yang akan diambil.
  8. Tingkatkan kemampuan bahasa asingmu! Mendaftarlah ke kelas bahasa atau belajar secara otodidak, hal ini sangat bermanfaat saat Kamu menyelesaikan masalah yang melibatkan bahasa asing.
  9. Aktif meningkatkan kesadaran budaya dan kemampuan interpersonal diri yang akan membantumu menghadapi situasi seperti ini. 

Menyadari bahwa budaya lain memiliki nilai, kepercayaan, dan prioritas yang berbeda, memungkinkan Kamu untuk melihat tindakan yang dilakukan orang lain dari perspektif yang lebih seimbang. Kamu pun akan mampu memahami bahwa tidak ada budaya yang salah maupun benar, melainkan hanya perbedaan budaya saja yang sebenarnya sangat indah dan saling melengkapi.

Baca juga: Tips Menghadapi Situasi Konflik dan Kesalahpahaman

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News