Tips Memaksimalkan Penggunaan Promotional Display di Hotel

Tips Memaksimalkan Penggunaan Promotional Display di Hotel

Editor AJAR.id

Tips Memaksimalkan Penggunaan Promotional Display di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Promotional display merupakan materi promosi yang dipajang di area hotel. Promotional display bisa berupa window display, table display, counter display, dan free-standing display.

Setiap materi promosi yang ditampilkan oleh hotel tentu memiliki tujuan, misalnya:

  • Untuk memperkuat, melanjutkan atau mendukung promosi atas produk atau layanan yang sudah tersedia
  • Untuk mengenalkan produk atau service yang baru kepada publik
  • Untuk menawarkan free sample sebuah produk
  • Untuk memberitahu customer bahwa terdapat produk atau service yang telah ditingkatkan/diperbarui
  • Untuk menghidupkan kembali penjualan yang menurun
  • Untuk membangun database customer yang lebih besar
  • Untuk memenuhi ruang – misalnya saat ada area yang terlihat kosong sehingga perlu diisi dengan promotional display agar terlihat lebih menarik.

Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan promotional display?

Cara paling efektif adalah meletakkan promotional display di area ramai (high traffic area) guna memaksimalkan tampilan dan dampak dari display yang dipajang. Area-area tersebut meliputi:

  • Dekat pintu-pintu masuk
  • Dekat service counter
  • Dekat cash register
  • Di dekat eskalator atau lift
  • Dekat toilet

Selain itu, Kamu juga bisa menerapkan teknik memajang promotional display yang disebut ‘pyramid effect’. Ada tiga macam pyramid effect, yaitu:

1. Symmetrical

Merupakan teknik memajang display dengan mengikuti bentuk segitiga simetris/sama sisi, dengan titik display tertinggi berada di tengah:

2. Asymmetrical

Teknik ini dilakukan dengan cara mengatur promotional display sesuai bentuk segitiga di bawah ini, yaitu display tertinggi di sisi samping lalu diikuti display lainnya:

(3) Repetitious

Merupakan teknik yang mengatur peletakkan display yang identik agar diulangi tiga kali:

Penggunaan konsep 'pyramid effect' ' tidak berarti display harus terlihat jelas membentuk ‘piramid’ atau segitiga yang semakin naik/turun. Konsep ini dinaik ke' titik 'yang berbeda - konsep ini lebih mengacu pada ‘keteraturan’ dan ‘harmoni’ dalam peletakan promotional display tersebut.

Untuk menciptakan formasi display yang harmonis, Kamu bisa membuat titik tertinggi di bagian belakang display menggunakan poster, banner, spanduk, atau benda lain yang relevan. Kemudian, Kamu buat bagian depan agar lebih rendah, seukuran dada dan lutut, tergantung pada ukuran area display.

Bagian display yang lebih rendah berfungsi untuk menaruh materi promosi yang bisa dipegang atau dirasakan oleh customer dengan mudah. Materi promosi bisa didukung dengan adanya brosur, daftar harga, dan sumber informasi lainnya.

Baca juga: 3 Alasan yang Membuat Customer Ragu Membeli Produk dan Service Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News