Tips Meminta Bukti Identitas sebagai Syarat Klaim Barang Lost and Found

Tips Meminta Bukti Identitas sebagai Syarat Klaim Barang Lost and Found

AJAR Hospitality

Tips Meminta Bukti Identitas sebagai Syarat Klaim Barang Lost and Found

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika ada pengajuan klaim barang, syarat utamanya adalah pengklaim harus lolos verifikasi data. Cara verifikasi data yang paling mudah dan akurat adalah meminta tamu menunjukkan bukti identitas mereka.

Mengapa identitas pemilik menjadi syarat penting untuk klaim barang?

Fungsinya meminta identitas diri adalah agar data bisa disimpan sebagai bukti bahwa barang diserahkan ke pihak yang sah. Selain itu, diperlukan juga untuk pengecekan apabila ternyata barang diklaim bukan oleh pemilik aslinya. Identitas diri yang umumnya diminta adalah SIM, KTP, dan paspor.

Bagaimana kalau ketiga identitas tersebut tidak bisa ditunjukkan?

Mintalah bukti identitas diri yang lain seperti kartu keanggotaan, identitas kepegawaian, dll. Bisa juga dengan meminta bantuan staf/manajemen hotel yang mengenali orang tersebut. Cara lainnya adalah meminta pengklaim barang untuk mengisi formulir dan menandatanganinya lalu membandingkan dengan Registration Form yang telah diisi sebelumnya saat check-in (berlaku untuk tamu hotel).

Apa saja yang harus dilakukan saat bukti identitas ditunjukkan?

  1. Periksa keaslian identitas beserta informasi di dalamnya. Bila pengklaim adalah tamu hotel, Kamu bisa mencocokkan dengan data pada Registration Card/Guest History.
  2. Fotokopi identitas tersebut...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News