Tips Menangani Customer yang Tidak Berbahasa Inggris

Tips Menangani Customer yang Tidak Berbahasa Inggris

Editor AJAR.id

Tips Menangani Customer yang Tidak Berbahasa Inggris

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam industri perhotelan, Kamu akan menghadapi orang dari berbagai latar belakang budaya yang berbeda. Terutama bagi Kamu yang bekerja sebagai frontliner hotel, menghadapi tamu mancanegara adalah hal yang sangat umum.

Mayoritas tamu mancanegara bisa berbahasa Inggris sehingga sangat memudahkan komunikasi. Namun, banyak pula tamu atau customer yang tidak fasih atau bahkan sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris.

Lalu, bagaimana cara Kamu menanganinya? Apa yang bisa dilakukan saat Kamu tidak bisa berkomunikasi dengan customer?

Agar mampu memberi pelayanan terbaik dan pengalaman yang menyenangkan kepada customer, berikut hal-hal yang bisa Kamu lakukan:

  1. Tetap tenang
    Tidak perlu panik dan tetaplah percaya diri. Kamu bisa tersenyum untuk menanamkan afirmasi positif kepada diri sendiri dan customer yang Kamu hadapi. Jika Kamu tidak tenang, konsentrasimu akan terpecah dan menjadi tidak fokus dalam melayani customer tersebut. Tetap tenang dan berfokuslah dengan apa yang dikatakan customer.
  2. Ulangi pertanyaan customer
    Dengan melakukan kontak mata, ulangi pertanyaan customer secara perlahan untuk mengklarifikasi. Sebagai contoh: “I’m sorry, are you asking where the swimming pool is?” Beri penekanan pada kata-kata yang paling familiar dan mudah dipahami seperti ‘swimming pool’ untuk mempermudah customer memahami pertanyaanmu.
  3. Amati respons customer
    Setelah Kamu mengulangi pertanyaan mereka, perhatikan respons yang muncul apakah customer terlihat setuju atau tidak setuju. Kamu bisa mengamati bahasa tubuh atau mendengarkan kata-kata yang mereka coba lontarkan. Customer umumnya mengangguk atau menggelengkan kepala untuk merespons pertanyaanmu.
  4. Gunakan gestur tubuh untuk menyampaikan pesan
    Saat bahasa menjadi penghalang komunikasi, bahasa tubuh adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan. Kamu bisa menggunakan tangan dan ekspresi wajah untuk mendeskripsikan sesuatu.
  5. Persilakan customer untuk menunggu
    Setelah Kamu memahami apa yang diminta customer, mintalah mereka untuk menunggu sementara Kamu mengonfirmasikannya ke staf atau departemen terkait. Sebagai contoh, saat customer meminta agar kamar mereka dibersihkan maka Kamu perlu menginformasikannya kepada departemen housekeeping. Oleh karena itu, Kamu harus jelaskan kepada customer apabila permintaan mereka bisa dipenuhi atau tidak.
  6. Lapor kepada Supervisor
    Apabila Kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam menangani customer yang tidak bisa berbahasa Inggris, maka laporkan kepada supervisormu. Kemudian, Kamu amati dan pelajari bagaimana supervisor menangani situasi tersebut.

Itulah beberapa tips yang bermanfaat untuk menangani customer yang tidak bisa berbahasa Inggris. Meski Kamu dan para staf hotel pada umumnya mendapatkan pelatihan bahasa Inggris, belum tentu customer hotel juga mendapatkan kesempatan yang sama. Maka dari itu, Kamu harus bersabar saat melayani mereka ya!

Baca juga: 8 Cara Untuk Menyampaikan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris

Salam Jempol!

By: Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News