Tips Menata Tray, Trolley, dan Perlengkapan Room Service

Tips Menata Tray, Trolley, dan Perlengkapan Room Service

Editor AJAR.id

Tips Menata Tray, Trolley, dan Perlengkapan Room Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam melayani pesanan tamu, room servicestaff membutuhkan sejumlah peralatan dan perlengkapan seperti tray dan trolley. Layaknya restoran yang melakukan setting tableroom service pun juga harus melakukan setting tray dan trolley sebelum pesanan diantarkan ke kamar.

Menata tray bisa dilakukan sama persis dengan menata table di restoran, dengan tambahan perlengkapan seperti vas bunga dan tray cardTray card merupakan kartu berisi informasi event atau penjelasan tentang waktu pick-up peralatan makan dari kamar.

Peralatan makan yang ditaruh pada individual tray harus cocok dengan hidangan yang dipesan. Kalau ternyata Kamu keliru membawa peralatan, tentu akan menghabiskan waktu mengambilnya kembali dari kitchen. Hal ini juga tidak efisien serta membuat tamu tidak nyaman karena harus menunggu. Oleh karena itu, selalu cek benda-benda yang harus Kamu bawa, seperti:

  1. Trolley, hot boxes, dan refrigerated trolley.
  2. Food tray dengan ukuran yang bervariasi, serta tray bertingkat yang biasa digunakan untuk hidangan breakfast.
  3. Tray cover – biasanya menggunakan linen cloth atau paper cloth.
  4. Cutlery – mencakup pisau dan garpu untuk menu entrée, sendok dessert dan sup, pisau steak, dll.
  5. Crockery – berbagai piring, mangkuk, cupjugsaucer, dll.
  6. Glassware – untuk jus, air minum, bir, wine dan  champagne.
  7. Coffee and tea making equipment, tea and coffee pots, dll.
  8. Plate warmer/plate covers.
  9. Salt and pepper shakers.
  10. Toaster, bread basket, ice bucket, newspaper holder.
  11. Pulpen dan form order beserta daftar menu makanan dan minuman.
  12. Perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan seperti wine cooler, espresso coffee machine, multi slice toaster, ice machine, dll.

Ada beberapa jenis trolley yang biasanya digunakan untuk mengantar makanan seperti tray trolley dan multiple trolleyTray trolley umumnya memiliki tiga tingkat dan bisa membawa hingga enam buah tray, sementara multiple trolley mampu membawa 20 sampai 30 buah tray.

Meletakkan tray di trolley perlu disesuaikan dengan urutan yang ditetapkan hotel. Beberapa hotel memiliki prosedur di mana urutan pengantaran room service harus dimulai dari lantai paling bawah, jadi tray untuk kamar 102 diletakkan di paling atas sementara tray pesanan kamar 522 di bawahnya. Namun, ada pula hotel yang menetapkan untuk mengantar pesanan dimulai dari lantai teratas lebih dulu.

Ketika meletakkan piring di tray, hindari menumpuk atau membuat trayoverload. Menumpuk dua piring masih diperbolehkan, bila jenis piring memang didesain untuk bisa ditumpuk. Namun jika lebih dari dua tumpuk, sebaiknya jangan dilakukan ya Ajarian, karena bisa berisiko terjatuh!

Untuk referensi, berikut contoh standar lay-up untuk continental breakfast tray:

Dalam memilih equipment untuk menata tray dan trolley, selalu pastikan equipment tersebut sudah sesuai, telah dibersihkan dan tidak rusak. Misalnya, jangan gunakan piring yang retak, gelas yang memiliki bercak noda, dsb. Pisahkan equipment yang perlu perbaikan atau pembersihan agar tidak sampai digunakan oleh tamu.

Baca juga: Enam Langkah Menyajikan Room Service

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News