Tips Mencatat Order Room Service

Tips Mencatat Order Room Service

Editor AJAR.id

Tips Mencatat Order Room Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Layanan room service di hotel tersedia untuk melayani permintaan tamu yang ingin memesan makanan dan minuman ke kamar mereka. Tamu bisa memesan melalui intranet dalam kamar, mengisi door knob menu, dan yang paling umum adalah melalui telepon.

Staf yang bertanggung jawab mencatat order tersebut adalah room service attendant atau restaurant waiter bila hotel tidak memiliki departemen room service tersendiri.

Saat menjawab telepon dari tamu yang ingin memesan room service, lakukan greeting terlebih dahulu, contohnya sebagai berikut:

Selamat pagi, Room Service dengan Andi, dari kamar nomor berapa bapak/ibu?

Atau

Selamat siangAjar Hotel Room Service dengan Tina, ada yang bisa saya bantu?”

Greeting bisa bervariasi tergantung dari standar yang berlaku di hotel, namun pada dasarnya Kamu harus selalu mematuhi aturan berikut:

  • Selalu jawab panggilan telepon dalam dering kedua atau ketiga.
  • Sebutkan nama dan departemenmu.
  • Selalu bersikap sopan dan sabar, tamu yang Kamu hadapi bisa dalam kondisi capek atau tidak paham dengan prosedur order room service.
  • Jawab telepon sesuai prosedur standar hotel dan menggunakan greeting dengan konsisten.
  • Tunjukkan bahwa Kamu bersedia membantu tamu dengan senang hati.
  • Praktikkan ‘smiling voice’ di mana Kamu tersenyum saat berbicara di telepon. Senyuman itu bisa dirasakan oleh penelepon lho!

Setelah greeting, tanyakan nama tamu beserta nomor kamarnya. Informasi ini diperlukan untuk mengisi data pada docket atau cash register. Nah, ketika Kamu sudah mengetahui nama tamu maka Kamu wajib memanggil nama mereka dalam percakapan.

Examples:

Menu yang direkomendasikan chef kami yaitu bakmi jawa, Ibu Karin.

Mohon tunggu sebentar Pak Heri, akan saya tanyakan dahulu apakah ayam betutu-nya bisa dibuat tidak pedas.”

"Akan saya ulangi pesanannya ya Ibu Sari, dua nasi goreng dan satu orange juice, apakah sudah sesuai?

Menggunakan nama tamu untuk memanggil mereka akan membuat tamu merasa dihargai. Ketika Kamu menyebutkan nama mereka, pelayanan juga terasa lebih personal. Hal ini juga mempererat hubungan antara hotel dengan tamu lho!

Baca juga: Tips Menyajikan Complimentary Snack di Restoran

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News