Tips Mencuci Laundry Item di Perhotelan

Tips Mencuci Laundry Item di Perhotelan

Editor AJAR.id

Tips Mencuci Laundry Item di Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah melakukan penyortiran pakaian, selanjutnya Kamu akan memulai proses pencucian. Setiap item yang diserahkan ke laundry department akan dicuci basah maupun cuci kering (dry cleaning). Petugas laundry yang berpengalaman akan mampu mengenali jenis-jenis kain dan bagaimana cara mencucinya dengan benar.

Kamu perlu membaca label pada kain untuk petunjuk pencucian yang sesuai agar tidak merusak kain. Sebagai contoh, ada kain yang perlu dicuci dengan air hangat dan ada pula yang memerlukan air dingin. Selain itu, beberapa kain tidak boleh disetrika dengan suhu panas.

Bila Kamu ragu ketika mencuci pakaian pribadi tamu, lebih baik tanyakan dulu kepada mereka. Hal ini untuk menghindari tamu mengajukan klaim atas pakaian mereka yang rusak.

Kain yang memiliki aksesoris dari kulit atau payet harus diperhatikan dalam proses pencucian agar tidak merusak kualitasnya.

Proses pencucian linen dan garmen dilakukan dengan tipe dan ukuran washing machine yang berbeda-beda. Sebagai contoh, mencuci delapan potong pakaian tidak efisien bila menggunakan mesin cuci berkapasitas 80 kg, sama halnya dengan mencuci 500 bedsheet menggunakan mesin berkapasitas 5 kg. Volume cucian akan menentukan ukuran washing machine yang digunakan.

Washing machine umumnya sudah dilengkapi dengan micro-processor yang berfungsi untuk mengidentifikasi jenis kain yang dicuci, contohnya katun dan wol. Pilih mode pencucian pada washing machine yang sesuai dengan jenis kain sehingga bisa diproses tanpa ada kerusakan.

Ada item yang dikeringkan menggunakan dryer dan ada pula yang langsung masuk ke mesin ironer. Sebagai contoh, bedsheet yang telah dicuci akan langsung dimasukkan ke ironer untuk dikeringkan dan dilipat. Untuk towel, perlu dikeringkan dengan drier baru dilipat manual dengan tangan.

Ketika menggunakan mesin di area laundry, selalu ikuti petunjuk penggunaan yang benar. Tujuannya adalah agar menjaga keamanan dan keselamatan kerja, serta menghindari mesin rusak. Jangan sembarang mengoperasikan mesin yang belum Kamu pahami ya!

Baca juga: Tips Menyortir Linen sebelum Di-Laundry

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News