Tips Mengatasi Customer yang Ragu Membeli Produkmu

Tips Mengatasi Customer yang Ragu Membeli Produkmu

Editor AJAR.id

Tips Mengatasi Customer yang Ragu Membeli Produkmu

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika sedang menawarkan produk atau service yang dijual oleh hotel, sering kali customer merasa ragu untuk membelinya. Perasaan ragu tersebut bisa diakibatkan oleh banyak faktor seperti selera yang tidak cocok atau harga yang tidak sesuai budget. Untuk mengatasi keraguan customer, Kamu bisa menawarkan solusi-solusi terbaik.

Memberi solusi harus tetap mengikuti aturan yang berlaku di hotel. Maksudnya adalah Kamu harus memahami cakupan wewenangmu. Misalnya melakukan negosiasi, membuat persetujuan atau memberikan potongan harga. Selain itu, Kamu juga perlu terlatih untuk mempersiapkan sejumlah solusi yang memungkinkan untuk berbagai situasi.

Nah, untuk mengatasi customer yang ragu membeli produkmu, berikut solusi-solusi yang bisa Kamu tawarkan:

  1. Menekankan kelebihan, keuntungan dan manfaat dari produk atau service yang Kamu tawarkan.
  2. Menunjukkan bahwa produk atau service tersebut sangat sepadan dengan harganya.
  3. Menjelaskan nilai ‘plus’ yang akan diperoleh customer saat melakukan pembelian. Misalnya, dengan pembelian paket dinner untuk dua orang maka akan mendapatkan free voucher di bar and lounge hotel.
  4. Menekankan kecocokan antara produk atau service tersebut dengan kebutuhan
  5. Membandingkan penawaranmu dengan alternatif lainnya, untuk menunjukkan bahwa penawaran Kamu yang lebih baik. Namun ingat untuk membandingkan dengan jujur dan logis tanpa menjelekkan produk lain.
  6. Melibatkan product specialist yang lebih mampu untuk menjelaskan produk atau service tersebut lebih rinci. Hal ini juga menunjukkan pada customer bahwa Kamu memang serius dalam melayani mereka.
  7. Menyebutkan kembali fitur-fitur dan kelebihan produk atau service yang Kamu tawarkan.
  8. Menjelaskan bahwa harga yang sedang ditawarkan hanya berlaku untuk kurun waktu tertentu.
  9. Menanyakan pada customer, apakah yang bisa membuat mereka yakin untuk membeli produk atau service tersebut.
  10. Mengajak customer untuk mencoba langsung (free trial atau free sample) produk atau service yang hendak Kamu jual.
  11. Menunjukkan cara kerja atau mendemonstrasikan bagaimana suatu produk atau service bekerja. Tujuannya untuk menghilangkan keraguan atau kekhawatiran customer.

Itulah solusi-solusi yang bisa Kamu terapkan untuk mengatasi customer yang ragu-ragu. Perlu diingat nih, Kamu harus memahami bahwa customer tidak memiliki kewajiban untuk menerima atau menyetujui solusi yang Kamu berikan. Jadi, jangan tersinggung apabila seluruh upayamu untuk meyakinkan customer ternyata berakhir sia-sia.

Kamu mungkin saja kehilangan kesempatan untuk menjual produk ini, tetapi jika Kamu bertindak secara profesional dan menunjukkan bahwa dirimu berusaha keras untuk meyakinkan customer, kemungkinan mereka akan kembali lagi nanti untuk melakukan pembelian!

Baca juga: Tips Memaksimalkan Penggunaan Promotional Display di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News