Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan di Silver Service

Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan di Silver Service

AJAR Hospitality

Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan di Silver Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Disamping pelanggan yang merasa puas dengan sajian di restoran, ada pula pelanggan yang kurang puas dengan makanan atau minuman yang tersaji. Setiap pelanggan pun memiliki hak untuk menyampaikan ketidakpuasan atau keluhan kepada waiter atau waitress agar segera bisa diatasi.

Berikut ini adalah keluhan yang biasanya disampaikan oleh pelanggan:

  • Steak bertekstur keras
  • Makanan sudah dalam keadaan dingin
  • Steak tidak dimasak sesuai dengan permintaan, seperti medium rare atau well done
  • Porsi minuman kurang atau minuman yang tersaji rasanya aneh
  • Adanya permintaan khusus yang tidak terpenuhi atau tidak menemui ekspetasi

Jika Kamu mendapati keluhan pelanggan sebaiknya jangan langsung menganggap mereka sebagai tukang komplain. Sebaliknya, Kamu harus bisa melihat dari sisi positifnya bahwa keluhan pelanggan bisa digunakan untuk membangun pelayanan menjadi lebih baik. Dengarkan keluhan mereka lalu minta maaf dengan sopan kemudian tawarkan solusi.

Setelah selesai mengatasi keluhan pelanggan, ucapkan kembali permintaan maaf dan lakukan 3-minutes check untuk memastikan apakah pelanggan sudah mendapatkan makanan atau minuman sesuai dengan keinginan mereka.

Jika pelanggan belum puas dengan solusi yang...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News