Tips Mengatur Layout Buffet

Tips Mengatur Layout Buffet

Editor AJAR.id

Tips Mengatur Layout Buffet

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap restoran yang mengusung konsep buffet harus merencanakan layout ruangan dengan baik. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, seperti bentuk ruangan (ruangan panjang dan sempit, ruangan persegi berukuran lebar, ruangan semi-melingkar), letak jendela, posisi pemandangan, lokasi buffet (indoor atau outdoor), serta fasilitas yang tersedia di area buffet tersebut.

Setiap aspek harus dipertimbangkan hingga ke bagian yang paling detil, karena pengaturan layout akan bergantung pada space yang tersedia.

Hal vital yang juga perlu diperhatikan saat merencanakan layout adalah flow atau pergerakan bagi orang-orang yang akan berlalu lalang. Layout seharusnya bisa menciptakan ruang yang cukup untuk bergerak, sebagai contoh:

  1. Kemudahan bagi customer melihat dan memilih hidangan.
  2. Kemudahan bagi staf untuk memantau dan mengganti hidangan sesuai kebutuhan; termasuk akses ke kitchen/food preparation area.
  3. Kemudahan bagi staf front-of-the-house untuk melayani
  4. Pastikan juga food display tidak menghalangi pemandangan apapun.
  5. Bila buffet terletak di area outdoor dekat dengan kolam renang, maka food display hendaknya tidak terlalu dekat dengan kolam.
  6. Pertimbangkan keperluan perlindungan dari sinar matahari, hujan dan hembusan angin.
  7. Bila menggunakan flowers display untuk hiasan, tidak akan bertahan lama dalam kondisi berangin kencang.

Nah, berikut contoh buffet layout plan dan table plan yang umum digunakan:

Sebuah layout ruang dan penataan meja yang teratur akan menciptakan pengalaman bersantap yang menyenangkan kepada customer. Ketika Kamu membuat layout plan, bukan hanya perihal memaksimalkan ruang saja, namun juga tentang bagaimana Kamu memperhatikan kenyamanan para customer.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Kreasi Lipatan Napkin

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News