Tips Menghadapi Situasi Konflik dan Kesalahpahaman

Tips Menghadapi Situasi Konflik dan Kesalahpahaman

AJAR Hospitality

Tips Menghadapi Situasi Konflik dan Kesalahpahaman

AJAR.id – Hello Ajarian! Ketika terjadi kesalahpahaman lintas budaya, upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut harus dilakukan dengan orang yang bersangkutan. Hal ini berlaku baik ketika Kamu yang pertama mengidentifikasi masalah tersebut, maupun saat Kamu menjadi pihak ketiga.

Akan tetapi, mengatasi kesalahpahaman tidak selalu menjadi tugas yang mudah. Pasti ada banyak situasi di mana, terlepas dari upaya terbaikmu, tampaknya tidak ada yang dapat Kamu lakukan untuk memperbaiki kembali situasi tersebut.

Namun, jangan lantas putus asa! Dalam situasi seperti ini, berarti saatnya Kamu meminta bantuan orang lain. Kunci dalam melibatkan orang lain untuk menyelesaikan masalah adalah:

  • Jangan memanfaatkan orang tersebut untuk memperbaiki reputasi dirimu! Upaya yang Kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah semestinya tulus dan realistis
  • Bertindaklah dengan cepat setelah Kamu melibatkan orang lain telah diambil - jangan ditunda. Penundaan hanya akan memperburuk situasi  
  • Pastikan Kamu menjelaskan fakta-fakta yang ada. Termasuk yang baik dan buruk, Kamu harus memberi tahu mereka semua yang telah dikatakan, semua yang dilakukan termasuk bagian-bagian yang mungkin tidak mencerminkan Anda dengan baik.

Berbohong hanya membuat situasi menjadi lebih rumit dan Kamu mempertaruhkan reputasi serta integritas diri saat kebenaran akhirnya terkuak.

  • Tetaplah berada di lokasi untuk menyimak proses penyelesaian masalah dan pelajari bagaimana mereka mengatasi situasi tersebut.

Agar mampu menyelesaikan situasi konflik dan kesalahpahaman, poin penting yang harus diingat adalah:

  1. Segera cari tahu apa yang menjadi penyebab masalah tersebut. Tujuannya untuk mempermudah penyelesaian dan mencegah hal yang sama terulang di kemudian hari
  2. Lihat masalah tersebut dari segala perspektif, karena bersikap objektif akan memudahkanmu untuk mencari solusi. Perhatikan khususnya jika terdapat faktor perbedaan budaya dari kedua belah pihak.
  3. Semua upaya harus dilakukan secepat mungkin untuk menyelesaikan kesalahpahaman tersebut, dengan mempertimbangkan perbedaan budaya yang mungkin ada.
  4. Jika perlu, rujuk masalah ke orang yang tepat, sehingga tindakan dapat diambil untuk mencegah terulangnya kejadian tersebut.
  5. Bersikaplah objektif untuk lebih memahami perspektif orang lain dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah
  6. Jangan mudah tersulut emosi. Kamu harus bersabar dan fokus kepada penyelesaian masalah.

Itulah tips-tips yang bisa Kamu terapkan dalam penyelesaian konflik, Seseorang yang berpikiran terbuka akan selalu lebih mampu menyelesaikan kesalahpahaman dan konflik daripada seseorang yang berpandangan subjektif atau penuh stereotip.

Baca juga: 11 Penyebab Terjadinya Kesalahpahaman Akibat Perbedaan Budaya

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News