Tips Menjaga Kebersihan Diri Saat Bekerja di Hotel

Tips Menjaga Kebersihan Diri Saat Bekerja di Hotel

AJAR Hospitality

Tips Menjaga Kebersihan Diri Saat Bekerja di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai food handler, penting bagi Kamu untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri karena pekerjaanmu melibatkan tingkat higienitas yang tinggi. Setiap tindakan yang Kamu lakukan dalam mengolah makanan akan berdampak besar terhadap kualitas makanan yang disajikan ke customer.

Nah, apa saja yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga kebersihan diri saat bekerja? Simak tipsnya yuk!

  1. Hindari menyentuh makanan secara langsung – selalu gunakan alat seperti sendok, garpu, spatula, atau tongs. Jangan lupa juga untuk memakai gloves agar tanganmu tidak bersentuhan langsung dengan makanan.
  2. Dilarang memakai perhiasan – yaitu perhiasan pada tangan seperti cincin, gelang, dan jam tangan. Jejak bekas makanan bisa menempel pada perhiasan tersebut dan mengontaminasi makanan lainnya.
  3. Tidak ada rambut menjuntai – gunakan penutup kepala atau semprotkan hairspray untuk menjaga posisi rambut agar tidak ada helai rambut yang menjuntai keluar hingga jatuh ke dalam makanan.
  4. Pelihara kebersihan kuku – kuku jari harus dipotong pendek dan dalam kondisi bersih. Dilarang menggunakan pemoles kuku, meski yang berwarna transparan sekalipun. Kuku panjang membuat bakteri menumpuk dan membahayakan kualitas makanan yang Kamu olah.
  5. Pakaian harus selalu bersih – seragam kerja hanya boleh dikenakan di tempat dan tidak dibawa pulang. Hal ini dimaksudkan agar kebersihan pakaian terjaga. Selain itu, jangan lupa memakai apron untuk melindungi pakaian dari kotoran
  6. Tutupi luka pada kulit – luka yang dibiarkan terbuka bisa menjadi sumber penyakit, sehingga perlu Kamu tutupi dengan plester. Plester sebaiknya berbahan waterproof dan tidak transparan.
  7. Dalam kondisi sakit (misalnya flu berat) food handler tidak dianjurkan untuk menangani makanan secara langsung.

Sahabat Ajarian, itulah tujuh tips yang bisa Kamu praktekkan. Dengan menjaga kebersihan diri, tidak hanya kualitas makanan yang terjaga namun juga menghindari kontaminasi pada area kerja dan staf lainnya.

Baca juga: Pentingnya Cleanliness (Kebersihan) dalam Pelayanan di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News