Tips Menjaga Kesegaran dan Kualitas Hidangan Buffet

Tips Menjaga Kesegaran dan Kualitas Hidangan Buffet

Editor AJAR.id

Tips Menjaga Kesegaran dan Kualitas Hidangan Buffet

AJAR.id – Hello Ajarian! Penting untuk melakukan maintenance pada temperatur untuk mencegah makanan tidak cepat busuk. Selain itu, peralatan juga harus dicek secara berkala agar bisa digunakan secara efektif dan efisien.

Untuk menjaga kesegaran dan kualitas hidangan buffet, Kamu bisa melakukan rotasi stok. Catat tanggal ketika stok produk tersebut didatangkan. Selain itu, Kamu perhatikan juga beberapa hal berikut ini:

  • Kapan pertama kali produk tersebut datang dan kapan pertama kali produk tersebut dipakai
  • Pastikan stok dalam jumlah minimum dan gunakan stok lama yang masih ada jika ada stok yang baru

Hidangan buffet biasanya disiapkan dalam waktu 2 hari. Setelah itu, hidangan tersebut akan disajikan selama 2 hari. Dengan begini, makanan tidak perlu disimpan terlalu lama sebelum disajikan pada tamu.

Jika ada makanan yang bisa dibekukan dan bisa diolah sendiri, maka akan lebih efisien jika Kamu membuatnya dalam jumlah banyak lalu dibekukan. Contohnya, Kamu bisa membuat 20 tray nugget ayam dalam sehari, lalu bekukan. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat 20 tray nugget ayam dalam sehari lebih efektif jika dibandingkan dengan membuat sebanyak 5 tray secara terpisah-pisah.

Kamu juga perlu memperhatikan kualitas hidangan buffet yang disajikan secara rutin. Salah satu contohnya adalah salad yang bisa Kamu buat di pagi hari. Karena hidangan ini tak disajikan sampai malam, maka Kamu harus menyimpannya dengan benar agar tidak busuk. Simpan salad dengan cara membungkusnya lalu masukkan ke dalam kulkas dengan suhu 5 derajat Celcius.

Segala upaya yang sudah Kamu lakukan untuk menjaga kesegaran dan kualitas hidangan buffet akan sia-sia jika peralatan yang digunakan dalam kondisi rusak. Freezer dan kulkas adalah contoh peralatan yang bisa rusak kapan saja. Kamu harus segera melapor jika peralatan tersebut rusak. Jika ada perlatan lainnya yang rusak atau tidak berfungsi dengan semestinya, Kamu harus segera melaporkannya pada supervisor agar bisa diperbaiki oleh pihak maintenance.

Baca juga: Cara Mendekorasi Hidangan Buffet agar Terlihat Menarik

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News