Tips Menyajikan Complimentary Snack di Restoran

Tips Menyajikan Complimentary Snack di Restoran

Editor AJAR.id

Tips Menyajikan Complimentary Snack di Restoran

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam kehidupan sehari-hari, menunggu adalah hal yang membosankan. Setiap orang tentu tidak suka bila dibiarkan menunggu, hal ini berlaku juga di restoran. Setiap customer yang datang ke restoran mengharapkan untuk segera dilayani, apalagi ketika perut mereka sudah sangat lapar.

Saat customer tiba, sambutlah dan segera berikan daftar menu. Setelah customer selesai memilih menu, selanjutnya Kamu akan menerima pesanan tersebut dan menyampaikannya ke kitchen.

Nah, untuk mengisi waktu tunggu hingga pesanan disajikan ke meja, beberapa restoran menyediakan complimentary snack pada customerComplimentary snack bisa bermacam-macam tergantung preferensi restoran, bisa berupa roti, kacang, potato chips, vegetable sticks, sorbet, corn chips, dan lain-lain.

Complimentary snacks diberikan saat customer selesai memesan menu. Menyajikan complimentary snacks bertujuan untuk hal-hal berikut ini:

  • Sebagai ‘pengganjal perut’ sementara menunggu makanan dan minuman disajikan.
  • Menjadi elemen penambah nilai service sebuah restoran.
  • Bisa menjadi menu pendamping makanan pembuka, misalnya roti bisa dicelupkan ke sup.
  • Merupakan alternatif ‘additional course’ yang murah.

Dalam menyajikan complimentary snack, ada beberapa cara yang bisa dilakukan (tergantung dari service style restoran tersebut), misalnya:

  1. Disajikan dalam keranjang kecil atau mangkuk kecil.
  2. Untuk roti, bisa disajikan dalam bentuk roll, loaf, atau slice.
  3. Disajikan bersama dengan complimentary dip, butter, tasting plate, saus salsa

Menyediakan complimentary snack tentu membuat customer senang dan tidak bosan saat menunggu pesanannya datang. Complimentary snack tidak perlu mahal, namun kualitasnya tetap perlu diperhatikan. Sebagai contoh bagi restoran yang memberi complimentary bread, pastikan roti masih fresh dan hangat sehingga bisa meningkatkan selera makan customer ya!

Baca juga: Ini yang Harus Dicek Pramusaji sebelum Menyajikan Pesanan dari Kitchen

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News