Tips Menyiapkan Garnish dan Saus untuk Hidangan Buffet

Tips Menyiapkan Garnish dan Saus untuk Hidangan Buffet

AJAR Hospitality

Tips Menyiapkan Garnish dan Saus untuk Hidangan Buffet

AJAR.id – Hello Ajarian! Garnish dan saus harus disiapkan berdasarkan standar yang sudah ditetapkan oleh hotel. Setiap hotel pun memiliki standar yang berbeda. Standar ini biasanya dibuat berdasarkan tradisi, saran, eksperimen serta pengaruh budaya di sebuah hotel.

Penambahan accompaniment akan membuat makanan semakin terlihat menarik. Berikut ini adalah jenis accompaniment yang biasanya disajikan bersama makanan:

  • Saus: memberi rasa untuk melengkapi hidangan seperti daging
  • Garnish: rempah yang sudah dipotong-potong untuk menambah rasa dan warna pada makanan
  • Sayuran: bisa disiapkan dengan cara direbus, dipanggang atau bisa dalam keadaan panas/dingin

Ada kalanya saus tidak dibuat atau tidak dihidangkan bersama makanan. Saus sendiri merupakan pelengkap untuk sebuah hidangan. Biasanya saus berperan untuk menambah warna atau rasa agar makanan yang dihidangkan terlihat menarik. Saus pun terbagi ke dalam beberapa kategori:

  • Hot sauce – terbuat dari bahan-bahan segar seperti ‘jus’, convenience food atau kombinasi keduanya
  • Warm emusions – saus yang terbuat dari kuning telur, minyak, dan cuka
  • Condiments – mustard, pickle dan chutney
  • Cold sauce atau dressing

Dressing terbagi menjadi dua jenis yaitu berbahan dasar cuka dan berbahan dasar mayones. Ketika menggunakan dressing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Salad dengan dedaunan dan herb tidak akan bertahan lama jika sudah diberi dressing
  • Cuka dapat menyebabkan dedaunan mudah layu. Jadi jangan terlalu cepat memberi dressing pada salad
  • Salad bisa bertahan lama setelah dicampur, namun jangan diberi dressing terlebih dahulu
  • Dedaunan pada salad tidak dapat bertahan lama

Lalu, bagaimana cara menyiapkan garnish?

Garnish biasanya terbuat dari bahan makanan yang bisa dimakan seperti buah dan sayuran, bisa juga bunga dan kelopaknya. Sayuran bisa dipotong menjadi berbagai bentuk dan disusun pada pinggiran piring. Sementara herbs biasanya digunakan untuk menambah rasa dan kesan warna kehijauan.

Sementara bunga dan kelopaknya digunakan untuk membuat visual makanan lebih menarik. Potongan buah-buahan juga bisa digunakan untuk menambah warna pada hidangan.

Biasanya yang menentukan garnish adalah chef dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Biaya – biaya yang dikeluarkan untuk bahan-bahan garnish juga perlu dipertimbangkan. Jika ada bahan dengan harga yang lebih murah dan menarik, kenapa tidak?
  2. Waktu persiapan – faktor ini sangat bersinggungan dengan faktor biaya. Contohnya adalah garnish yang sudah dipotong. Di samping bisa membuat tampilan makanan lebih menarik, waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkannya lebih lama
  3. Menjaga kualitas – menyiapkan garnish terlebih dahulu memang dapat memangkas waktu persiapannya. Namun jika disimpan, kualitas visual garnish bisa menurun dan akhirnya tak bisa dipakai. Garnish yang dipakai harus dalam keadaan segar sehingga makanan terlihat menarik
  4. Kontras dengan makanan - biasanya staff akan memilih garnish berwarna kontras dengan makanan yang disajikan
  5. Complimentary quality – adalah garnish yang rasanya bisa melengkapi hidangan yang disajikan
  6. Keselarasan tema – jika sebuah hidangan disajikan dengan salad sayur maka Kamu bisa menggunakan sisa sayuran sebagai garnish agar tampilan hidangan tetap selaras

Setelah mengetahui berbagai pertimbangan sebelum menyiapkan garnish, berikut ini adalah jenis garnish yang umum digunakan untuk mempercantik tampilan makanan:

  • Herbs bisa dipotong-potong lalu ditaburkan di atas salad yang akan disajikan untuk menambah rasa agar tampilannya lebih menarik
  • Herb springs bisa digunakan untuk mendekorasi salad
  • Sayuran yang diiris tipis, seperti wortel dan daun bawang
  • Kacang, bisa dipanggang terlebih dahulu lalu ditaburkan untuk menambah rasa makanan
  • Sayuran yang digoreng

Accompaniment harus disiapkan secara hati-hati seperti ketika menyiapkan makanan utama. Perlu diingat juga bahwa garnish dan saus adalah pelengkap sebuah hidangan. Keduanya sama-sama digunakan untuk mempercantik penampilan makanan, karena hidangan yang terlihat menarik akan semakin meningkatkan daya beli.

Baca juga: Restaurant Equipment yang Harus Disiapkan sebelum Opening Hours

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News