Tips untuk Meningkatkan Skill dan Knowledge bagi Tour Guide

Tips untuk Meningkatkan Skill dan Knowledge bagi Tour Guide

Editor AJAR.id

Tips untuk Meningkatkan Skill dan Knowledge bagi Tour Guide

AJAR.id – Hello Ajarian! Seorang tour guide atau pramuwisata tentu harus memiliki skill yang mumpuni dan knowledge yang luas untuk dapat memandu wisatawan dengan baik. Kegiatan yang terkait dengan pengembangan skill dan knowledge ada banyak sekali dan mudah diakses, serta relatif murah untuk dilakukan.

Kegiatan-kegiatan tersebut lebih banyak yang membutuhkan investasi waktu daripada uang dalam jumlah besar. Apa saja kegiatan yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan skill dan knowledge di bidang kepemanduan?

  1. Menghadiri seminar
    Ada banyak sekali acara seminar yang bisa Kamu temukan di iklan-iklan pada koran, majalah, website, sosial media, serta email. Seminar ini bisa berbayar atau pun gratis, dengan pembicara-pembicara yang telah diakui di industri. Menghadiri seminar merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperluas relasi/network serta mempelajari produk, service, penyedia jasa, dan isu-isu terkini di industri pariwisata.
  2. Berpartisipasi dalam kelas training
    Training kerap diselenggarakan oleh stakeholder pariwisata dan institusi, baik dari pemerintahan maupun swasta. Kelas-kelas training tersebut ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Hasil dari training juga bisa berupa sertifikasi/akreditasi formal atau berbentuk informal. Mengikuti training sangat efektif untuk mendapatkan evaluasi dan penilaian atas skill dan knowledge yang Kamu miliki.
  3. Mengikuti Familiarization Tour (Fam Tour)
    Fam tour adalah kegiatan tur yang sangat umum dalam industri pariwisata. Fam tour merupakan tur yang dilakukan pengelola destinasi wisata dan atraksi wisata dengan tujuan untuk mengenalkan tempat tersebut kepada tour guide atau pelaku pariwisata lainnya. Fam tour tidak dikenakan biaya dan tidak terbuka untuk publik, karena maksud dari penyelenggaraan fam tur adalah untuk membuat tour guide memahami dan merasa familiar dengan destinasi wisata tersebut. Melalui fam tour, tour guide diharapkan akan mampu mempromosikan/merekomendasikan destinasi wisata kepada wisatawan. Untuk dapat mengikuti fam tour, biasanya Kamu diharuskan untuk membuat perjanjian dengan pihak pengelola lebih dahulu kemudian menyepakati waktu penyelenggaraan tur.
  4. Bergabung dengan asosiasi pramuwisata profesional
    Bagi Kamu yang berprofesi sebagai tour guide, sangat disarankan untuk bergabung dengan setidaknya satu asosiasi pramuwisata. Di Indonesia, terdapat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang menaungi para tour guide. Keuntungan bergabung dengan asosiasi tersebut bukan hanya mendapatkan lisensi resmi, namun juga untuk bertemu dengan tour guide lainnya agar Kamu bisa bertukar informasi. Kamu bisa mempelajari banyak hal dari pengalaman orang lain serta memperoleh berbagai saran yang berkaitan dengan profesimu. Selain HPI, Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas tour guide/pramuwisata lainnya yang ada di kotamu.
  5. Melakukan riset secara formal dan informal
    Sangat mungkin bagi Kamu untuk melakukan riset, baik secara formal maupun informal. Riset formal bisa berupa:
  • Membaca buku-buku yang relevan
  • Mengikuti kursus formal
  • Membaca industry report, seperti laporan data statistik wisatawan, tren wisata, dll.
  • Menghadiri kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata.

Sementara riset yang berbentuk ‘informal’ yaitu seperti:

  • Berbincang dengan relasi yang Kamu miliki
  • Membaca artikel-artikel di berbagai media
  • Berbincang dengan wisatawan/pengunjung
  • Mengunjungi destinasi wisata dan atraksi wisata.

Meningkatkan skill dan knowledge bisa dilakukan dengan banyak cara dan tidak terbatas dengan lima tips yang disebutkan di atas saja. Selain itu, Kamu juga perlu banyak berlatih dan mempraktikkan skill dan knowledge yang Kamu peroleh agar semakin kompeten dalam menjalankan tugas sebagai tour guide.

Baca juga: Peran Tour Guide sebagai Seorang Mentor, Entertainer, dan Administrator

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News